SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id

Demam Berdarah Dengue atau DBD biasa menyerang saat musim penghujan. Terlebih negara kita termasuk negara beriklim tropis yang merupakan tempat hidup favorit bagi nyamuk. Demam ini bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Khususnya, anak-anak seringkali menjadi sasaran dari gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit ini. Sebagai orangtua, sebaiknya berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarga agar terhindar dari penyakit ini. Juga perlu bersikap sigap jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah.

Depok merupakan salah satu kota yang juga menyatakan status siaga terhadap DBD. Bahkan tercatat sampai 25 Januari 2019, ada 314 pasien DBD yang dirawat di rumah sakit. Menurut Novarita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, kasus terbanyak ditemukan di Kecamatan Harjamukti, Beji, Cipayung, Mekarjaya dan Pancoranmas. Ia mengatakan walaupun pasien DBD hampir ditemukan di seluruh wilayah Depok, tapi hanya 9 kelurahan yang tidak melaporkan adanya kasus DBD. Total ada 54 kelurahan yang tercatat ditemukan kasus DBD di Depok.

Dalam kaitan inilah, SMPIT Nururrahman melakukan antisipasi penyebaran DBD dengan melakukan fogging di seluruh kawasan SMPIT Nururrahman pada Minggu, 10 Februari 2019. Fogging adalah sebuah teknik pengendalian vektor penyakit, khususnya nyamuk, dengan membunuh nyamuk dewasa dan jentiknya, menggunakan racun serangga. Mesin fogging akan memompa dan menyemburkan racun serangga tersebut dengan cara disemprotkan. Tujuan dari fogging adalah untuk membunuh sebagian besar vektor infektif dengan cepat, sehingga rantai penularan segera dapat diputuskan.

Fogging atau pengkabutan menjadi salah satu metode yang sering digunakan dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Pada metode ini, suatu lokasi disemprot dengan insektisida menggunakan mesin. Fogging dalam dosis tertentu ini bertujuan memberantas nyamuk dewasa, atau yang sudah bisa terbang berpindah.

Meskipun fogging masih efektif untuk membasmi nyamuk, namun siswa/I SMPIT Nururrahman juga perlu menerapkan tindakan tambahan demi mencegah nyamuk berkembang kembali setelah fogging, yakni dengan gerakan 4M plus. Gerakan 4M plus ini termasuk menguras dan menutup wadah air serta bak mandi, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk, menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, dan lainnya. Dengan begitu, SMPIT Nururrahman akan terbebas dari ancaman bahaya Demam Berdarah (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah