SEKILAS INFO
: - Tuesday, 09-03-2021
  • 3 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id

Kata “istighotsah” استغاثة berasal dari “al-ghouts”الغوث yang berarti pertolongan. Dalam tata bahasa Arab kalimat yang mengikuti pola (wazan) “istaf’ala” استفعل atau “istif’al” menunjukkan arti pemintaan atau pemohonan. Maka istighotsah berarti meminta pertolongan. Seperti kata ghufron غفران yang berarti ampunan ketika diikutkan pola istif’al menjadi istighfar استغفار yang berarti memohon ampunan.

Jadi istighotsah berarti “thalabul ghouts” طلب الغوث atau meminta pertolongan. Para ulama membedakan antara istghotsah dengan “istianah” استعانة, meskipun secara kebahasaan makna keduanya kurang lebih sama. Karena isti’anah juga pola istif’al dari kata “al-aun” العون yang berarti “thalabul aun” طلب العون yang juga berarti meminta pertolongan. Istighotsah adalah meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit. Sedangkan Isti’anah maknanya meminta pertolongan dengan arti yang lebih luas dan umum.

istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja. Oleh karena itu, istighotsah sering dilakukan secara kolektif dan biasanya dimulai dengan wirid-wirid tertentu, terutama istighfar, sehingga Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan itu.

Dalam kaitan inilah, berkenaan dengan akan diadakannya ujian akhir sekolah kelas 9 angkatan XIII Tahun Pelajaran 2018-2019, dilaksanakan kegiatan istighotsah yang diikuti seluruh siswa kelas 9 dan orang tua, serta kelas 7 dan 8. Pada kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 30 Maret 2019 ini, turut hadir pula Kepala SMPIT Nururrahman, Ahmad Basyari, M.Pd.I dan Direktur Perguruan Unggul Nururrahman, Tengku Rusdi, Ak.MM.

Selain memanjatkan istighotsah dan do’a kepada Allah SWT untuk kesuksesan ujian kelas 9 yang dipimpin oleh Ust. H. Saefudin Zuhri, S.Ag, dilakukan juga pembacaan fakta integritas yang berisi janji seluruh siswa kelas 9 untuk bersikap jujur dan melaksanakan ujian dengan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan itu pula, dilakukan pemberian santunan kepada Yayasan Panti Asuhan Arridho Caringin, Rangkapan Jaya, dengan rincian uang tunai sebesar Rp. 12.240.000,- , dan berbentuk sembako senilai Rp. 2.228.600,-. Santunan ini merupakan partisipasi dari siswa kelas 9 dan orang tua siswa.

Satu hal yang perlu diketahui, kegiatan istighotsah merupakan puncak dari persiapan untuk melaksanakan ujian sekolah yang telah dilakukan sejak bulan Oktober 2018 lalu, dimulai dari Kegiatan Pendalaman Materi (PM), Mabit, Training Motivasi, hingga Rileksasi. Dan sebagaimana makna istighotsah itu sendiri, tentunya ini merupakan ikhtiar untuk meraih ridha Allah, agar kesuksesan bisa digapai seluruh siswa kelas 9 setelah dengan sepenuh daya dan upaya mempersiapkan intelektualitas mereka. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 25
  • Total visitors : 25,009

Maps Sekolah