SEKILAS INFO
: - Thursday, 25-02-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id

SWC (Student Work Camp) adalah salah satu program kesiswaan di SMPIT Nururrahman yang bertujuan untuk mengasah jiwa sosial siswa. Siswa SMPIT Nururrahman diterjunkan ke sebuah kampung dan terlibat langsung dalam kegiatan kemasyarakatan di kampung tersebut. Siswa dilatih untuk merasakan kehidupan di kampung dengan segala keterbatasannya, dimana kehidupan di kampung tersebut sangat jauh dari kehidupan mereka sehari-hari. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini siswa SMPIT Nururrahman  bisa lebih bersyukur dengan kehidupan mereka dan mempunyai sense yang kuat terhadap kehidupan sosial di sekitar mereka.

            Kegiatan SWC ini akan dilaksanakan di Desa Karang Tengah sekitar 6 km dari Kota Sentul, Bogor, Jawa Barat. Desa Karang Tengah adalah sebuah desa yang sangat tertinggal dalam bidang pendidikan maupun sosial ekonomi. Rata-rata penduduknya hanya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar. Warga Karang Tengah yang perempuan biasanya setelah lulus SD mereka  langsung menikah. Biasanya mereka menikah di usia 14 sampai dengan 17 tahun. Apabila ada gadis lebih dari 18 tahun belum menikah mereka akan merasa malu. Tingkat pendidikan yang rendah ini juga mempengaruhi tingkat sosial ekonomi masyarakat Karang Tengah. Kebanyakan mereka bekerja sebagai petani atau bekerja di kebun.

            Di Desa Karang Tengah ini terdapat air terjun Leuwi Asih yang sangat cantik dengan ketinggian 12 m. Air terjun ini belum dikelola dengan baik oleh perangkat desa maupun pemda setempat. Padahal air terjun Leuwi Asih ini mempunyai potensi wisata yang sangat menarik. Jalan menuju air terjun Leuwi Asih juga masih berupa jalan setapak yang belum disemen sehingga sangat licin dan berbahaya bila hujan datang.

            Kesadaran beragama masyarakat Karang Tengah juga dirasa sangat kurang. Hal ini bisa terlihat dari kondisi mushola yang masih sangat sederhana dan cenderung mengalami kerusakan disana-sini. Sarana ibadah seperti mukena, Al Quran, karpet dan sajadah juga sangat kurang.

Beberapa kegiatan sosial yang dilakukan dalam SWC ini antara lain:

  1. Renovasi Mushola Al Ikhlas
  2. Menyumbang mukena dan sarung untuk mushola Al Ikhlas. Terdiri dari 10 mukena dan 5 sarung
  3. Menyumbang karpet untuk mushola dan majelis taklim. Terdiri dari 2 gulung untuk mushola dan 2 gulung untuk majelis taklim
  4. Membuat Perpustakaan
  5. Mengadakan pengajian ibu-ibu, pembagian sembako, bazaar pakaian layak pakai dan barang bekas berkualitas
  6. Mengadakan TPA, bimbel, dongeng, pemutaran film
  7. Memperbaiki jalan setapak menuju curug Leuwi Asih
  8. Membuat plang jalan, mushola, majelis taklim dan arah curug
  9. membantu pekerjaan warga di ladang dan  mencari kayu bakar  

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 28
  • Total visitors : 24,604

Maps Sekolah