SEKILAS INFO
: - Sunday, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021

Pramuka, yang merupakan salah satu dari bagian besar agen perubahan (agent of change) yang menjadi harapan bangsa, negara serta agama, dituntut mampu berpartisipasi dan memberi warna dalam masyarakat.Setidak-tidaknya Pramuka mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam tubuh Pramuka itu sendiri serta masyarakat sekelilingnya. Di sisi lain Pramuka juga diharapkan mampu mengaktualisasikan diri dan mempersiapkan masa depannya (Future of life).

Membaca bagi sebagian masyarakat sudah menjadi budaya. Bahkan untuk sebagian kecil masyarakat, membaca merupakan kebutuhan. Jenis bacaanpun beragam, mulai dari buku pelajaran dan buku fiksi seperti novel dan dongeng. Di zaman digital sekarang ini masyarakat sudah sangat dimudahkan dengan kecanggihan teknologi karena dapat membaca buku melalui e-book yang disediakan oleh smartphone dengan cara mengunduh, baik yang gratis maupun berbayar.

Pengertian literasi secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.

Atas dasar itulah, Gerakan Pramuka Gugus Depan: 01.103 – 01.104 Pangkalan SMPIT Pesantren Nururrahman mengadakan kegiatan ”LINTAS ALAM PENGGALANG” dengan tema Pramuka Peduli Litrerasi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari (Senin-Selasa, 23-24 April 2018) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 yang dibagi menjadi tiga bagian. Khusus kelas, kegiatan dipusatkan di Lembah Gurame, berupa lintas alam dimana siswa harus melalui beberapa pos untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Sementara untuk kelas 8 putra, kegiatannya dipusatkan di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Kota Depok, sementara kelas 8 putri beraktivitas di Perpustakaan Umum Kota Depok.

Adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas pengetahuan siswa melalui sumber bacaan.
  2. Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah.
  3. Mengenalkan sekaligus menjadi member Perpustakaan Umum Kota Depok.
  4. Mengenalkan Taman kota Depok.
  5. Menumbuhkan semangat cinta lingkungan.
  6. Pelaksanan dari Kode Kehormatan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.
  7. Mengenalkan peserta tentang Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, tentunya diharapkan peserta akan memiliki nilai lebih dalam hidupnya, berupa kepeduliaan dan kepekaan sosial, baik terhadap alam maupun lingkungan. Sebab dalam kegiatan ini, peserta juga mengumpulkan buku-buku bacaan yang disumbangkan kepada taman bacaan yang ada di wilayah sekitar. (Harto)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 5
  • Total visitors : 28,501

Maps Sekolah