Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

Outdoor Classroom Day (OCD) SMPIT Nururrahman

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 74x Berita

Outdoor Classroom Day (OCD) atau Belajar di Luar Kelas adalah hari untuk menginspirasi pembelajaran di luar kelas. OCD merupakan kegiatan hasil kerjasama antara Indonesia dengan Inggris yang disepakati pada saat pertemuan Child in the City Conference pada November 2016 di Belgia, yang dihadiri oleh Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Belajar di Luar Kelas merupakan Kampanye Global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas, minimal 90 menit setiap hari. Lebih dari 20 negara di seluruh dunia melakukan Belajar di Luar Kelas, antara lain: Inggris, Australia, India, Colombia, Saudi Arabia, dan Amerika. Jutaan anak dari ribuan sekolah turut mengambil bagian dalam Kampanye ini.

Indonesia merespon Kampanye Global tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Belajar di Luar Kelas dilakukan di Indonesia di tahun 2018 ini dilaksanakan secara serentak pada Kamis, 1 November 2018 selama 2,5 jam (jam 7-9.30 waktu setempat).

Belajar di Luar Kelas dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran dengan mengusung berbagai tema, di antaranya: climate change (adaptasi perubahan iklim), perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional.

SMPIT Nururrahman sendiri melakukan OCD yang diawali dengan penyambutan siswa di pintu gerbang sekolah yang dilakukan para guru. Setelah itu dilanjutkan dengan rutinitas ubudiyah pagi (Shalat dhuha, tilawah, dan matsurat), yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Maju Tak Gentar. Lebih spesial lagi, kegiatan OCD ini dilakukan bersamaan dengan Pembukaan SPECTO (SMPIT Nururrahman Sport and Education Competition), yaitu sebuah ajang kompetisi dibidang olahraga dan pendidikan yang diselenggarakan untuk siswa/i tingkat Sekolah Dasar se-Kota Depok. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, H. Achmad Faozan, Lc.

Dalam sambutannya H. Achmad Faozan menyampaikan tentang pentingnya pendidikan karakter yang sesungguhnya telah lama dilakukan di SMPIT Nururrahman. “Ini sekalgus sebagai bagian upaya menjadikan SMPIT Nururrahman menjadi SRA (Sekolah Ramah Anak) yang menjadikan sekolah seperti halnya rumah yang bisa memberi keamanan dan kenyamanan untuk para siswa,” ujarnya.

SMPIT Nururrahman memang terus berbenah untuk mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Ini juga bisa dilihatnya dari banyaknya dibuat “sarana relaksasi” siswa berupa bangku-bangku permanen yang berada di tempat-tempat strategis dan nyaman. (*)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info