Info Sekolah
Wednesday, 26 Jan 2022
  • Website SMPIT Nururrahman sedang ada perbaikan di bagian tampilan mohon maaf bila kurang nyaman !!!

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS): Makin Pertajam Visi SMPIT Nururrahman

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan sekolah yang dipimpinnya.

Penilaian kinerja kepala sekolah sebagaimana dikemukakan di atas tidak hanya berkisar pada aspek karakter individu melainkan juga pada hal-hal yang menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapainya seperti kualitas, kuantitas hasil kerja, ketepatan waktu kerja, dan sebagainya. Apa yang terjadi dan dikerjakan kepala sekolah merupakan sebuah proses pengolahan input menjadi output tertentu. Atas dasar itu terdapat tiga komponen penilaian kinerja kepala sekolah yakni:

  1. Penilaian input, yaitu kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam melakukan pekerjaannya. Orientasi penilaian difokuskan pada karakteristik individu sebagai objek penilaian dalam hal ini adalah komitmen kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Komitmen tersebut merupakan refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial kepala sekolah.
  2. Penilaian proses, yaitu penilaian terhadap prosedur pelaksanaan pekerjaan. Orientasi pada proses difokuskan kepada perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok fungsi dan dan tanggung jawabnya yakni melaksanakan fungsi manajerial dan fungsi supervisi pada sekolah yang dipimpinnya.
  3. Penlaian output, yaitu penilaian terhadap hasil kerja yang dicapai dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya. Orientasi pada output dilihat dari perubahan kinerja sekolah terutama kinerja guru dan staf sekolah lain yang dipimpinnya.

Dalam kaitan inilah, Senin, 20 November 2017, SMPIT Nururrahman melakukan kegiatan PKKS yang dilakukan oleh Pengawas Pembina yaitu Ibu Hj. Teten Habsah, S.Pd, MM dan Ibu Desi Idiawati, S.Pd.

Penilain ini tentunya menjadi tolok ukur tersendiri bagi Kepala Sekolah dan guru dalam mengelola berbagai program untuk kemajuan sekolah. Dan yang terpenting, dengan adanya penilaian ini, kian mempertajam dan memperkokoh seluruh elemen SMPIT Nururrahman untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman keislaman komprehensif dan berakhlak mulia.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar