Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

Peringati Hari Guru Nasional 2018, SMPIT Nururrahman Laksanakan Upacara dan Lomba Cerpen

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 75x Berita

Ahad (25/11/2018) lalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November tersebut ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Hari Guru Nasional sebagai tanda terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Melansir dari Banjarmasin Post, peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara bahkan dijadikan hari libur nasional, sedangkan di Indonesia dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah.

Demikian pula halnya yang dilakukan SMPIT Nururrahman yang mengadakan kegiatan upacara peringatan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan pada Senin, 26 November 2018. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa dan Guru SMPIT Nururrahman. Adapun yang bertindak sebagai Pembina Upacara adalah H. Ahmad Faozan, Lc, selaku Wakil Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya, Ahmad Faozan menekankan pentingnya keikhlasan dan rasa ihsan seorang guru dalam mendidik siswa/siswinya. Selain itu, ia juga menyamapaikan pesan kepada siswa/siswi SMPIT Nururrahman untuk senantiasa menghormati dan patuh serta taat terhadap nasehat yang disampaikan para guru.

“Pintar saja tidak menjamin kesuksesan seorang siswa/i dalam pendidikan. Tapi yang juga tak kalah penting adalah keberkahan dari seorang guru,” ucapnya.

Tak hanya melaksanakan kegiatan upacara bendera, demi menunjukkan rasa cinta dan ungkapan terima kasih para siswa terhadap guru, diadakan juga kegiatan Lomba Menulis Cerpen bertema Guruku Pahlawanku. Sebanyak 29 cerpen dari siswa/i yang masuk dan akan dipilih 3 terbaik untuk menjadi juara.

Sekilas Sejarah Hari Guru

Hari Guru bermula dari organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman penjajahan Belanda yang berdiri pada tahun 1912. Organisasi tersebut bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang beranggotakan dari berbagai guru dengan latar pendidikan yang berbeda-beda.Dengan berkembangnya PGHB, kemudian muncullah organisasi-organisasi guru yang lain.

Masing-masing terdiri dari Persatuan Guru Bantu (PGUB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Peserikatan Normaalschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (HKSB), dan masih banyak lagi. Perubahan nama dengan mencantumkan Indonesia dibelakangnya membuat pemerintah Hindia Belanda terkejut. Kata Indonesia yang mencerminkan semangat kebangsaan tersebut sangat tidak disukai oleh Belanda.

Pada zaman pendudukan Jepang, segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, PGI pun tidak melakukan aktivitasnya kembali. Setelah Indonesia merdeka, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Kota Surakarta. Kemudian pada tanggal 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mulai terbentuk. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info