Info Sekolah
Rabu, 17 Apr 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

Peringati Tahun Baru Islam, SMPIT Nururrahman Gelar Beragam Kegiatan

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 65x Berita

Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram, bukan berarti meniru perayaan tahun baru Masehi. Peringatan Tahun Baru Islam harus dilakukan sesuai dengan tujuan dijadikannya hijrah sebagai awal sistem penanggalan Islam, yakni memaknai dan mengamalkan hijrah.

Hijrah adalah bagian dari strategi dakwah yang berbuah berdirinya Daulah Islam di Madinah hingga terbentuknya Khilafah Islamiyah, termasuk Khulafaur Rasyidin, hingga Khilafah Turki Utsmaniyah (Ottoman Turki) sebagai khilafah terakhir dalam sejarah Islam.

Hijrah masih berlaku hingga kini. Hijrah setelah Futuh Makkah, menurut Nabi Muhammad Saw, adalah “meninggalkan hal dilarang” alias melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Hijrah, sebagaimana peristiwa penting lain, juga mengandukung hikmah (pelajaran). Penggalian makna hijrah harus dilakukan dalam peringatan tahun baru Islam.

Ada 3 pesan perubahan dalam menyambut Tahun Baru Hijriah ini, yaitu:

  1. Hindari kebiasaan-kebiasaan lama / hal-hal yang tidak bermanfaat pada tahun yang lalu untuk tidak diulangi lagi di tahun  baru ini.
  2. Lakukan amalan-amalan kecil secara istiqamah, dimulai sejak tahun baru ini yang nilai pahalanya luar biasa dimata Allah SWT, seperti membiasakan shalat dhuha 2 raka’at, suka sedekah kepada fakir miskin, menyantuni anak-anak yatim, dll.
  3. Usahakan dengan niat yang ikhlas karena Allah agar tahun baru ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan membawa banyak manfaat bagi keluarga maupun masyarakat muslim lainnya.

Secara khusus, memang tidak ada amalan atau ritual yang dilakukan umat Islam untuk memperingati Tahun Baru Islam. Namun beragam kegiatan positif yang dapat mengingatkan untuk selalu berbuat kebaikan, tentunya merupakan hal yang perlu dilaksanakan. Demikian pula yang dilakukan SMPIT Nururrahman dalam menyambut Tahun Baru Islam 1440 H kali ini.

Kegiatan yang dilakukan pada Senin, 10 September 2018 sejak siang ini, diawali dengan kegiatan lomba pembuatan poster dilanjutkan dengan Tabligh dan Bedah Film Bilal: a new Breed of Hero. Kegiatan peringatan tahun baru ini ditutup dengan pembacaan do’a akhir tahun setelah shalat ashar dan do’a awal tahun seusai pelaksanaan shalat magrib serta buka puasa bersama. Setelah itu siswa/i SMPIT Nururrahman melanjutkan dengan kegiatan Mabit dalam rangka persiapan Ujian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 5 7 4 3
Users Today : 15
Users Yesterday : 35
Total Users : 15743
Views Today : 21
Views This Month : 1101
Total views : 27448

Contact info