Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

Pesantren Ramadhan SMPIT Nururrahman 1440 H : Maknai Ramadhan Kali Ini dengan Bersihkan Hati dan Diri

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 87x Berita

Bulan Ramadhan adalah merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan Allah SWT. Pada bulan tersebut juga merupakan salah satu media tarbiyah/pendidikan yang diperuntukkan kepada umat yang beriman untuk melatih diri agar menjadi hamba Allah yang mampu mengendalikan hawa nafsu. Agar nafsu yang notabene cenderung terhadap hal-hal yang buruk, mengarah ke jalan setan, dapat diarahkan dan menjadi kekuatan untuk dapat mendekatkan diri kepada jalan yang diridhai dan dirahmati Allah. Sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat: 53 yang berbunyi:

 …  إن النفس لأمارة بالسوء إلا ما رحم ربى …

 “Sesungguhnya nafsu itu mengajak kepada yang buruk kecuali apa yang dirahmati Tuhanku…” (QS. Yusuf: 53)

Bulan Ramadhan juga merupakan merupakan bulan dimana Allah SWT melipat gandakan pahala bagi setiap hamba-Nya yang berbuat amal shaleh dengan lipatan yang tidak dapat dihitung dengan hitungan manusia. Hal tersebut sebagaimana hadits Nabi yang berbunyi : 

“Setiap amal (shaleh) bani Adam dilipatkan sepuluh dan tujuh ratus kelipatan kecuali puasa, (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya untuk menuju-Ku (Allah). Puasa adalah untuk-Ku dan Aku (Allah sendiri) yang memperhitungkan/memberikan pahalanya …  

Dengan mencermati keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan sebagaimana tersebut di atas, maka kita akan menjadi hamba Allah yang merugi bilamana tidak dapat mengisi dan memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan melatih diri (tarbiyatun nafsi) dan  memperbanyak amalan-amalan serta kegiatan yang positif sebagai bentuk investasi kekayaan kita yang sebenarnya (amal shaleh) sebagai bekal hidup kita di dunia sampai di akhirat kelak.

Disamping itu kita juga punya tanggung jawab yang besar untuk mengantar, mendidik dan membimbing adik-adik kita agar kelak menjadi seseorang yang memiliki kemampuan mengendalikan hawa nafsunya dan mempunyai dorongan dan motivasi yang tinggi untuk senantiasa beramal shaleh serta menjadi putra-putri yang shaleh dan shalihah di masa yang akan datang. Agar tujuan yang mulia tersebut dapat tercapai maka kita perlu membuat bentuk formula kegiatan-kegiatan yang dapat mengantar dan mengarahkan adik-adik kita guna tercapainya tujuan yang mulia tersebut.

Untuk itulah, SMPIT Nururrahman melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1440 H pada 20-22 Mei 2019 lalu. Kegiatan yang diikuti oleh siswa/i Kelas 7 dan 8 ini dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain Pemberian Materi berkaitan dengan ibadah Ramadhan dan sejarah Islam, Lomba-lomba keislaman, Pengumpulan ZIS dan Bakti Sosial, serta penggalangan dana untuk didonasikan kepada yang membutuhkan.

Pemberian materi keislaman pada Pesantren Ramadhan ini ditujukan untuk membimbing peserta didik agar memiliki wawasan ilmu agama Islam yang luas, berakhlak mulia dan pada akhirnya diharapkan agar mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah. Adapun tema yang disampaikan antara lain mengenai akhlak, kisah sahabat Rasulullah saw, peristiwa bersejarah pada bulan Ramadhan, dan kisah-kisah dalam Al-Qur’an.

Sementara untuk membina dan mengolah potensi dan bakat para siswa, dilaksanakan lomba-lomba keislaman berupa lomba cerdas cermat, lomba adzan, Pildacil, dan lomba kaligrafi. Selain itu juga diadakan sertifikasi tahfizh khusus juz 30 yang diikuti sekitar 30 siswa/i, dan berhasil meluluskan 8 orang siswa dengan nilai memuaskan.

Di bulan Ramadhan, segala ibadah, amal shaleh yang ikhlas dan benar caranya sesuai syariah akan dilipatgandakan nilai pahalanya oleh Allah SWT. Itulah sebabnya, Rasul menganjurkan umatnya untuk banyak berinfaq, bersedekah, dan mengeluarkan zakat fitrah. Atas dasar itulah, SMPIT Nururrahman pun melakukan pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) untuk disalurkan kepada para mustahik. Alhamdulillah, dari dana infaq yang terkumpul dijadikan sekitar 71 paket sembako yang diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya yang ada di sekitar SMPIT Nururrahman.

Tak hanya mengumpulkan infaq untuk dikelola sendiri, Panitia Pesantren Ramadhan dibantu OSIS juga melakukan penggalangan dana bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) lewat program Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa. Dari penggalangan dana tersebut, terkumpul donasi sebesar Rp. 6.920.000,-.

Satu hal yang spesial di Pesantren Ramadhan kali ini adalah hadirnya tamu istimewa dari Palestina yaitu Syekh Ahmad Diyab Muslim Rafee. Kehadiran ulama muda asal Gaza ini diinisiasi oleh lembaga kemanusiaan Khadijatee Foundation. Pada kesempatan kunjungannya ke SMPIT Nururrahman ini, Syekh Rafee mengisahkan bagaimana beratnya penderitaan rakyat Palestina terutama di Gaza selama Ramadhan yang terus menerus diserang oleh zionis Israel. Tak lupa, Syekh Rafee mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang selama ini telah banyak berkontribusi dalam bidang kemanusiaan untuk rakyat Palestina, seraya memohon do’a agar rakyat Palestina diberi kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi kekejaman Israel dan segera terbebas dari penjajahan tersebut.

Pada momen istimewa tersebut jika diserahkan donasi untuk rakyat Palestina yang dikumpulkan oleh siswa/I SMPIT Nururrahman sebesar Rp. 9.000.000,- yang diterima secara simbolis oleh perwakilan dari Khadijatee Foundation.

Begitulah Ramadhan, bulan penuh berkah dengan berbagai keutamaannya. Maka tentunya sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih. Maka kiranya, semoga Pesantren Ramadhan ini, menjadi bukti sekaligus bekal investasi pahala siswa/i SMPIT Nururrahman di akhirat kelak, aamiin ya rabbal ‘alamin. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 6
Users Today : 17
Users Yesterday : 51
Total Users : 17266
Views Today : 25
Views This Month : 1636
Total views : 30032

Contact info