SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id

Rasa gembira meliputi hati segenap kaum muslimin di penjuru dunia, karena telah datang bulan yang amat dirindukan, bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, bulan penuh ampunan, rahmat, dan pembebasan dari api neraka. Dimana di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an dan Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Segala amal kebaikan akan dilipatgandakan nilai ganjarannya.

Rasa gembira yang tak terhingga akan kehadiran bulan Ramadhan adalah bentuk keimanan seorang muslim. Dan dari rasa gembira itu membuat Allah Ta’ala mengharamkan api neraka untuk menyentuh jasadnya. Namun meski demikian, kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut. Agar itu semua mampu menghadirkan amal-amal terbaik didalamnya dan Ramadhan tidak berlalu sia-sia dari kehidupan kita, tanpa meninggalkan kemuliaan sedikitpun.

Menyiapkan hati dan jiwa menjelang bulan Ramadhan dengan cara bertobat kepada Allah Ta’ala, yaitu menyesali segala kelalaian dan kesalahan, memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar kita seperti istri, anak-anak, orangtua, saudara, tetangga, teman/mitra dan orang-orang yang kita kenal, serta menebarkan kebaikan dan kebahagiaan di hati setiap manusia adalah sebagai upaya agar Ramadhan kita berjalan penuh makna. Selain itu semua kita mesti membuat perencanaan yang cerdas untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang tersusun apik yang membuat kualitas taqwa kita semakin meningkat dan terbawa pada bulan-bulan lainnya, selain bulan Ramadhan.

Atas dasar inilah, SMPIT Nururrahman mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan 2018 dengan tema “Maknai Ramadhan Kali ini dengan Bersihkan Hati dan Bersihkan Diri”, yang dilaksanakan pada 28,30-31 Mei 2018. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pesantren Ramadhan 2018 ini juga diisi dengan beragam kegiatan yang dapat menambah wawasan dan keilmuan para siswa, juga melatih dan mengembangkan potensi siswa dalam berbagai bidang, termasuk mengasah empati siswa kepada sesama. Keseluruhan kegiatan tersebut berupa: Ceramah Ramadhan, Lomba Keislaman, Buka Puasa Bersama, Penggalangan Baksos dan Peduli Palestina, serta Kegiatan Khatmil Qur’an.

Pada kesempatan tersebut, siswa/i SMPIT Nururrahman juga mampu mengumpulkan donasi Peduli Palestina sebesar Rp. 19.025.000,- yang disalurkan lewat Urban Syiar Project yang fokus pada penyediaan kaki palsu untuk para korban rakyat Palestina yang menderita akibat kekejaman tentara Israel.

Kesempatan berjumpa dengan bulan Ramadhan kali berupaya dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para siswa karena bulan ini sangat istimewa, dimana setiap amal manusia untuk dirinya kecuali puasa, sebagaimana hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut :

“Setiap amal Manusia untuk dirinya kecuali puasa. Sungguh puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya.” [HR. Bukhari-Muslim]

Bulan Ramadhan adalah merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan Allah SWT. Pada bulan tersebut juga merupakan salah satu media tarbiyah/pendidikan yang diperuntukkan kepada umat yang beriman untuk melatih diri agar menjadi hamba Allah yang mampu mengendalikan hawa nafsu. Agar nafsu yang notabene cenderung terhadap hal-hal yang buruk, mengarah ke jalan setan, dapat diarahkan dan menjadi kekuatan untuk dapat mendekatkan diri kepada jalan yang diridloi dan dirahmati Allah. Sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat: 53 yang berbunyi:

… Sesungguhnya nafsu itu mengajak kepada yang buruk kecuali apa yang dirahmati Tuhanku … (QS. Yusuf: 53)

Dengan mencermati keutamaan-keutamaan bulan Ramadlan sebagaimana tersebut di atas, maka kita akan menjadi hamba Allah yang merugi bilamana kita tidak dapat mengisi dan memanfaatkan bulan Ramadlan ini dengan melatih diri (tarbiyatun-nafsi) dan memperbanyak amalan-amalan serta kegiatan yang positif sebagai bentuk investasi kekayaan kita yang sebenarnya (amal shaleh) sebagai bekal hidup kita di dunia sampai di akherat kelak.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah