Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

SMPIT Nururrahman Luncurkan Buku Karya Siswa

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 80x Berita

Sebagai muslim, kita patutnya tahu, membaca adalah kegiatan guna menjadi muslim- muslimah intelek yang beriman dan cerdas. Selain secara langsung diperintahkan oleh Allah SWT dalam fiman-Nya QS. al-Alaq, ayat 1: ‘Iqra’ bismi rabbika alladzii khalaq’ yang berarti ‘Bacalah, dengan nama tuhanmu yang telah menciptakan’. Allah SWT telah jelas menyuruh kita untuk membaca dan mengkaji segala sesuatunya diniatkan untuk ilmu dan beribadah. Karena membaca sangat erat hubungannya dengan informasi dan ilmu, orang yang gemar membaca cenderung dapat menjadi lebih unggul dari individu lainnya. Jika diterapkan serempak pada lembaga pendidikan Islam, sangat memungkinkan akan tumbuh generasi cendekiawan muslim yang kian cerdas dan kompetitif. Bibit-bibit unggul tersebut tidak menutup probabilitas meningkatnya kualitas muslim secara global.

Ironisnya, pesatnya pertumbuhan sekolah di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya kepandaian membaca dan menulis, tingkat ‘literacy’ pada masyarakat. Fakta ini ditunjukkan oleh hasil survei internasional (PIRLS 2011, PISA 2009 & 2012) yang mengukur keterampilan membaca peserta didik, Indonesia menduduki peringkat bawah. Padahal tuntutan keterampilan membaca pada abad 21 adalah kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.

 

Untuk membangkitkan gairah minat membaca inilah yang menjadi dasar bagi SMPIT Nururrahman menggiatkan salah satu program literasi yaitu menerbitkan karya siswa. Alhamdulillah, upaya ini membuahkan hasil dengan terbitnya buku Kumpulan Cerpen karya para siswa SMPIT Nururrahman. Buku berjudul Don’t Stop when you’re Tired ini ditulis oleh Safina Zahya Ayesha Darajat, Alika Humaira, Sawsan Azura, dan Ghazalah Carisa Qatilah. Sementara ilustrasi covernya dihiasi lukisan indah dari Kysya Assyifa Rahmawan.

Sebagai bentuk apresiasi, pihak sekolah yang diwakili oleh Ahmad Faozan, Lc selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, memberikan penghargaan berupa plakat dan buku kepada para siswa berprestasi tersebut yang dilakukan pada Selasa, 11 Desember 2018.

Dalam sambutannya, Achmad Faozan menegaskan bahwa ini merupakan langkah kecil dari mimpi besar yang ingin diwujudkan SMPIT Nururrahman untuk mencetak generasi yang kreatif dan inovatif.

Semoga penerbitan buku pertama ini akan diikuti dengan buku-buku berikutnya yang menjadi karya sekaligus masterpiece siswa/i SMPIT Nururrahman. (*)

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info