Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
26 Juli 2019

SMPIT Nururrahman Peringati Hari Anak Nasional 2018 dengan Kampanye dan Lomba

Jum, 26 Juli 2019 Dibaca 72x Berita

Anak adalah harapan masa depan bangsa dan penerus generasi di masa mendatang. Dalam siklus kehidupan manusia, masa anak-anak merupakan fase dimana manusia mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depannya. Anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Indonesia sebagai bagian dari anggota PBB telah berkomitmen di tingkat internasional yang ditandai dengan diratifikasinya Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1990. Indonesia juga berkomitmen mendukung gerakan dunia untuk menciptakan “World Fit for Children” (dunia yang layak bagi anak), yang kemudian dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui pengembangan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), termasuk Depok yang kemudian diteruskan kepada sekolah-sekolah dalam upaya menyediakan Sekolah Ramah Anak.

Galib diketahui, 23 Juli merupakan “hari spesial” bagi anak Indonesia, yang kemudian diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Untuk peringatan Hari Anak Nasional 2018, tema yang diangkat adalah Anak Indonesia GENIUS (Gesit Empati beraNI Unggul Sehat). Anak yang GENIUS tidak terbatas pada bidang akademik saja, melainkan di bidang lainnya seperti bidang olahraga, seni, budaya, dan lainnya.

Dalam kaitan inilah, SMPIT Nururrahman sebagai salah satu sekolah yang komitmen dalam pembentukan Sekolah Ramah Anak, menyelenggarakan kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018. Pada kegiatan HAN ini, SMPIT Nururrahman memilih mengadakan kegiatan “kampanye siswa” yaitu kegiatan siswa mengkampanyekan harapan-harapan mereka, baik kepada orang tua, sekolah, dunia pendidikan Indonesia, maupun harapan mereka di masa mendatang.

Dalam kegiatan ini, masing-masing angkatan siswa, mulai kelas 7-9, disediakan sebuah banner berukuran 4×1 m, yang disediakan sebagai sarana mereka menuangkan harapan dan do’a. Banner ini kemudian dibentangkan di lingkungan sekolah, sehingga diharapkan dapat dibaca oleh seluruh elemen di lingkungan SMPIT Nururrahman.

Tak hanya itu, untuk mendukung potensi siswa dalam bidang akademik dan seni, maka diadakan juga lomba menulis esai, dengan tema Andai Aku Menjadi… (cita-citaku), dan lomba poster dengan tema Aku dan Cita-citaku. Dengan lomba ini, diharapkan mereka dapat mengkonstruksi cita-cita mereka, sehingga sedini mungkin mampu memilih jenjang sekolah ataupun pendukung lain yang sesuai dengan cita-cita tersebut.

Pada akhirnya, anak GENIUS hanya akan terwujud jika seluruh pihak, orang tua, dunia pendidikan, dan pemerintah saling bahu membahu untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan kebagaiaan untuk seluruh anak Indonesia. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info