SEKILAS INFO
: - Saturday, 27-02-2021
  • 3 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
Study Tour 2018 SMPIT Nururrahman: Alam Tekembang jadi Guru

Study tour sebenarnya dikategorikan sebagai metode pembelajaran yang berbentuk rekreasi. Metode pembelajaran yang dibungkus dengan “proses” menyenangkan sehingga siswa diharapkan mampu untuk mempelajari, berinteraksi dan menarik hikmah saat berada di lapangan. Study tour ialah satu metode pembelajaran dan sebagaimana metode pembelajaran umumnya harus ada strategi, cara pembelajaran serta evaluasi demi tercapainya kompetensi yang diharapkan akan didapatkan siswa setelah melalui prosesnya. 

Apabila ditilik lebih seksama, study tour juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 pasal 19, bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan.

Berbeda dengan sekolah kebanyakan yang memilih objek Study Tour lebih berorientasi hura-hura, jalan-jalan atau senang-senang semata, SMPIT Nururrahman justru menjadikan Study sebagai fokus utama, selain tentunya tour yang diharapkan menjadi sarana bagi siswa untuk melepas penat.

Perjalanan yang dilakukan siswa/i SMPIT Nururrahman pada Kamis, 1 Februari 2018 ini dibagi menjadi 2 lokasi; untuk kelas 7 dan 8 dipusatkan di Polud (Polisi Udara) Pondok Cabe, sedang kelas 9 diarahkan ke Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) Serpong. Bukan tanpa alasan kedua objek ini dijadikan sebagai tujuan utama, sebab bagi civitas SMPIT Nururrahman kedua objek ini dapat dijadikan sebagai sarana belajar di alam yang sangat tepat (alam tekembang).

Konsep alam tekembang jadi guru menjadikan alam sebagai guru dan juga bagai sahabat dekat yang harus dihargai dan diberlakukan dengan baik, dijaga kelestariannya. Dalam proses berguru pada alam, kita bagai memotret alam terbuka, melihat secara menyeluruh, kemudian memahami bagian-bagian kecilnya, melakukan perenungan yang mendalam, memahami hubungan antara berbagai bagian tersebut. Dan akhirnya didapatkanlah hikmah yang membawa pencerahan jiwa, sebuah proses pencerdasan. Dalam istilah psikologi terjadi beberapa tahapan proses berpikir; berpikir analisa dan berpikir reflektif.

Berpikir reflektif adalah proses berpikir yang lebih tinggi, lebih luas daripada berpikir analis/critical thinking. Berpikir reflektif tak diajarkan di sekolah yang lebih fokus pada kemampuan menghapal (memorize) dan pola berpikir analisis. Karena memang kemampuan tersebut yang diperlukan dalam dunia kerja, untuk mengelola data dan mencari pemecahan masalah (problem solving). Dan tentu ini akan menjadi modal berharga bagi para siswa dalam menghadapi masa depan.

Tak hanya melulu belajar, untuk meningkatkan semangat para siswa sekaligus selaksasi, mereka kemudian diajak menuju World of Wonders, sebuah destinasi wisata bermain dan belajar yang terletak di kawasan Cikupa, Tangerang Banten.

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 14
  • Total visitors : 24,658

Maps Sekolah