SEKILAS INFO
: - Sunday, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
Unggul dalam Debat Antarkan Alika Humaira Jadi Ketua OSIS SMPIT Nururrahman

Bagi banyak orang, perdebatan merupakan suatu tindakan yang membosankan. Mengingat debat merupakan tindakan yang hanya “mempertahankan argumen” saja. Tak aneh kalau kemudian tak sedikit yang beranggapan bahwa debat tidak berguna bagi kehidupan dan nyatanya debat malah menjadi momok (monster) yang perlu dihindari guna mendapatkan keseimbangan diri.

Padahal sejatinya banyak sekali manfaat debat yang bakal didapat, diantaranya:

1.Melatih Berpikir Kritis dan Terbuka

Dalam debat, kita dituntut untuk memahami suatu permasalahan yang ada di dalam mosi dengan melihat berbagai sudut pandang. Dalam memecahkan permasalahan tersebut kita mesti berpikir secara kritis dan terbuka. Kenapa? Karena permasalahan yang ada dalam suatu mosi mesti diteliti secara seksama untuk menemukan sumber dan solusi dari permasalahan tersebut dari berbagai sudut pandang. Selain itu kita juga harus mengetahui apabila solusi tersebut diterapkan, apa saja hal-hal yang akan terjadi kedepannya sehingga permasalahan tersebut dapat teratasi.

2.Berpendapat Jadi Lebih Tertata dan Rapi

Dalam debat, umumnya kita punya waktu sekitar 5-8 menit untuk menyampaikan pendapat. Skill berbicara yang baik jelas penting banget buat memaksimalkan jawaban di waktu yang super terbatas itu. Makanya, kalau kalian sering latihan berdebat, lama-kelamaan kemampuan berbicara kalian bakal terasah dengan baik, kalian sudah tidak perlu lagi berbicara sambil membaca teks.

3.Dapat Mengambil Keputusan Dengan Baik Dalam Situasi Apapun

Dalam perdebatan, kita punya dua lawan yaitu waktu dan tim lawan itu sendiri. Disaat kita sedang menyampaikan argumen, tentunya akan banyak interupsi yang dilayangkan oleh tim lawan. Hal ini tentu bisa mengganggu konsentrasi dan kalau tidak bisa dikontrol, bukan nggak mungkin kita malah jadi blank seketika. Ini kenapa, terbiasa berlatih debat akan melatih kita untuk mengambil keputusan dalam situasi apapun termasuk di bawah tekanan, jadinya kita bakal jadi orang yang sangat tenang dalam menghadapi masalah.

Nah… mengingat lumayan pentingnya debat bagi perkembangan kemampuan siswa, maka civitas akademik SMPIT Nururrahman juga berupaya untuk menjaga tradisi debat dalam Pemilihan Ketua OSIS, termasuk untuk Periode 2019-2020 ini. Ada 5 siswa yang ikut dalam debat kandidat sekaligus penyampaian visi misi mereka sebagai calon ketua OSIS. Kelima siswa tersebut yaitu M. Aufa Syacadia, Raina Raudhatul Jannah, Alika Humaira, Raffi Anandhitya, dan M. Reza Khadafi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at, 4 Januari 2019 ini berlangsung cukup seru, mengingat masing-masing calon mampu memaparkan visinya sebagai calon ketua OSIS dengan sangat baik. Terlebih, visi mereka dipertajam oleh para panelis yang berasal dari unsur guru, yang dengan sangat kritis membedah apa yang mereka sampaikan. Hebatnya lagi, mereka sama sekali tidak mengetahui pertanyaan yang akan diajukan dalam debat tersebut, alias TIDAK MENDAPAT BOCORAN. Jadilah debat tersebut ucapan spontan yang didadasarkan atas kemampuan mereka untuk memahami dinamika yang terjadi di SMPIT Nururrahman.

Inilah pelajaran penting demokrasi yang sesungguhnya, dimana masing-masing pihak menyampaikan pandangannya dan dikritisi pihak lain tanpa menjatuhkan. Tentunya “pelajaran” penting ini akan menjadi bekal berharga untuk mereka termasuk seluruh siswa SMPIT Nururrahman untuk berdemokrasi dengan baik, yang belum tentu akan mereka peroleh di masa mendatang.

Di hari yang sama, dilakukan Pencoblosan suara untuk masing-masing kandidat. Dan seolah dapat ditebak, Alika Humaira, siswi kelas 8B, yang memang sangat menguasai visinya tentang OSIS SMPIT Nururrahman dan unggul dalam debat, memperoleh suara sangat signifikan yang mengantarnya menjadi Ketua OSIS Periode 2019-2020.

Seluruh Civitas Akademik SMPIT Nururrahman mengucapkan selamat dan semoga Alika mampu mengemban amanah untuk menjadikan OSIS sebagai garda terdepan untuk membentuk siswa-siswi SMPIT Nururrahman menjadi disiplin, kreatif, dan mandiri. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 5
  • Total visitors : 28,501

Maps Sekolah