SEKILAS INFO
: - Saturday, 27-02-2021
  • 3 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
SMPIT Nururrahman Canangkan Gerakan SPBLH

Sekolah selain sebagai tempat terlaksananya kegiatan belajar mengajar, juga merupakan sebagai tempat yang sangat potensial terciptanya ide-ide kreatif bagi para warga sekolah. Baik itu guru, murid maupun dinas terkait.

Sekolah sebagai tempat menimba ilmu, maka para warganya memungkinkan untuk melakukan inovasi-inovasi baru bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan. Sehingga sekolah tidak hanya sebagai tempat rutinitas penyampaian materi pelajaran dari guru kepada anak didik. Berkembangnya ilmu pengetahuan harus berasal dari sekolah. Artinya bahwa sekolah memiliki peran yang sangat potensial bagi tumbuh kembangnya ilmu pengetahuan.

Selain dari pada itu bahwa sekolah juga dituntut untuk memberikan ide-ide inovatif dalam perannya sebagai lembaga pendidikan yang peduli terhadap lingkungan hidup. Sekolah wajib memberikan contoh dan tolak ukur bagi terciptanya lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Seluruh warga sekolah memiliki kewajiban untuk menciptakan dan menjaga lingkungan sekolah dan sekitarnya yang bersih dan sehat.

Untuk merealisasikan upaya menciptakan sekolah yang berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan sebagai lembaga pendidikan yang peduli lingkungan hidup yang bersih dan sehat, maka dicanangkanlah program Adiwiyata Sekolah yang saat ini berubah nama menjadi Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup (SPBLH). SPBLH adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup bekerja sama dengan kementrian pendidikan nasional dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini berasal dari :

1.    Nota Kesepahaman antara Menteri LHK, Mendikbud, Menristek Dikti, Menag & Mendagri No: PK2/7/2016,99/VII/NK/2016, 11a/M/NK/2016, 9 th 2016, 660/2688A/SJ tentang Pengembangan Pendidikan Lingkungan;

2.    Pasal 63 ayat (1) huruf w, ayat ( 2) huruf q , ayat (3) huruf n UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolan Lingkungan Hidup.

Atas dasar itulah, mulai Tahun Pelajaran 2019-2020 ini, SMPIT Nururrahman mencanangkan Gerakan SPBLH untuk menciptakan lingkungan sekolah yang asri, nyaman dan indah. Beberapa upaya dan kegiatan mulai dilakukan, mulai sosialisasi penggunaan alat makan dan minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik, penanaman pohon dan tanaman obat, penataan dan pengelolaan green house, pembuatan lubang biopori, pembuatan kompos, pembuatan hidroponik, hingga pengadaan bank sampah.

Dengan beragam upaya tersebut, diharapkan kesadaran seluruh warga SMPIT Nururrahman untuk peduli dan cinta lingkungan makin memekar sehingga upaya menjadikan sekolah yang nyaman, rindang, dan sejuk dapat terwujud. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 14
  • Total visitors : 24,658

Maps Sekolah