SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
SMPIT Nururrahman Adakan TalkShow Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas

Di Indonesia, banyak sekali perilaku menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat seperti pencurian, pembunuhan dan korupsi. Namun, seiring berkembangnya zaman dan luasnya pergaulan, para remaja sering melakukan perilaku menyimpang. beberapa perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para remaja adalah narkoba dan pergaulan bebas.

Narkoba adalah  singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Senyawa-senyawa psikotropika biasa dipakai untuk membius pasien saat akan dioperasi. Namun, persepsi itu kini sudah disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya. Narkoba bisa menyebabkan kecanduan.

Jika sudah memakai obat-obatan terlarang tersebut, maka penggunannya akan ketergantungan dengan obat tersebut. Ada banyak jenis narkoba dan salah satu yang sering digunakan oleh para remaja adalah shabu. Efek dari shabu adalah akan memberikan rasa gembira pada pemakainya. Dampak dari shabu adalah dapat mengalami urat saraf, gangguan hati, ginjal, mudah bingung, selalu lapar dan susah tidur. Ada beberapa faktor yang membuat para remaja menggunakan narkoba yaitu perkembangan emosi mereka belum stabil, Kepribadian asocial ( tidak mempertimbangkan orang lain), Salah memilih teman, Situasi keluarga tidak harmonis dan faktor lainnya.

Narkoba dan pergaulan bebas ini memiliki banyak dampak negatif. Jika Para remaja menggunakan narkoba terus menerus dapat menyebabkan perubahan sikap dan kepribadian, kerusakan hati dan ginjal, serta dapat menyebabkan kematian. Jika para remaja sering melakukan pergaulan bebas maka akan mengidap penyakit kelamin, terkena virus yang menular dan akan dijauhi oleh masyarakat.

Dalam kaitan inilah, SMPIT Nururrahman mengadakan Talkshow tentang bahaya narkoba dan pergaulan bebas dengan menghadirkan nara sumber dari BNN Kota Depok dan aktivitis Sahabat Generasi yang konsen dalam menangani problem remaja. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 12 September 2019 ini diikuti oleh siswa/i SMPIT Nururrahman dengan penuh antusias. Ini tentu menjadi bekal berharga untuk para siswa mengingat pergaulan generasi remaja saat ini sangat memprihatinkan.

Kesimpulan dari kegiatan ini antara lain bahwa yaitu bahwa narkoba dan pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang tidak seharusnya dilakukan oleh para generasi penerus bangsa. Kedua tindakan tersebut dapat mengakibatkan masa depan penerus bangsa hancur. Narkoba dan pergaulan bebas tidak dilarang oleh agama dan hukum negara, tapi juga bisa menjerumuskan generasi penerus bangsa. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah