SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
SWC 2019: Peduli dan Berbagi, Temukan Jati Diri

SWC (Student Work Camp) adalah salah satu program kesiswaan di SMPIT Nururrahman yang bertujuan untuk mengasah jiwa sosial siswa. Siswa SMPIT Nururrahman diterjunkan ke sebuah kampung dan terlibat langsung dalam kegiatan kemasyarakatan di kampung tersebut. Siswa dilatih untuk merasakan kehidupan di kampung dengan segala keterbatasannya, dimana kehidupan di kampung tersebut sangat jauh dari kehidupan mereka sehari-hari. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini siswa SMPIT Nururrahman  bisa lebih bersyukur dengan kehidupan mereka dan mempunyai sense yang kuat terhadap kehidupan sosial di sekitar mereka.

Kegiatan SWC 2019 ini dilaksanakan di Desa Ciherang Cidahu, Sukabumi  Jawa Barat pada 8-10 Oktober 2019. Secara geografis, Desa Ciherang kecamatan Cidahu, masuk ke dalam wilayah Bumi Perkemahan Cangkuang milik Dinas Perhutanan dengan batas-batas wilayah antara lain, Utara berbatasan dengan Kabupaten Bogor, wilayah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bojonggenteng, wilayah Timur berbatasan dengan  Kecamatan Cicurug, dan Barat berbatasan langsung dengan Kecamatan Parakansalak.

Sementara secara demografi, berdasar informasi yang diperoleh dari Ketua RT setempat, jumlah Kepala Keluarga yang mendiami wilayah RT. 07/03 Kampung Ciherang berjumlah ± 60 KK, dengan kondisi perekonomian menengah ke bawah. Mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian di bidang informal, seperti pertanian (menjadi buruh tani dan peternak), pekerja pabrik, tukang ojek, dan beberapa pekerjaan lain.

Kegiatan Student Work Camp, merupakan salah satu upaya yang dilakukan SMPIT Nururrahman untuk membiasakan siswa hidup di lingkungan yang berbeda dengan lingkungannya masing-masing dan merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Mereka akan ditempatkan secara berkelompok bersama masyarakat dan melakukan aktivitas keseharian sebagaimana masyarakat Desa Ciherang pada umumnya. Siswa kelas 9 yang berjumlah 121 orang. Terdiri dari 61 siswa putri dan 60 siswa putra ini akan menempati 14 rumah warga.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan adalah:

  1. Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dengan melakukan pembuatan sambungan air dari sumber air di sekitar pegunungan menuju rumah warga, membutuhkan ± 100 batang pipa ukuran 2 inch, melakukan renovasi interior dan kamar mandi Mushola Al-Masrur.
  2. Pendidikan dan pengajaran dengan mengadakan kegiatan mengajar Iqra (Al-Qur’an), Praktik dan bacaan wudhu dan shalat, baca tulis untuk anak pra sekolah, nonton bareng (Nobar) film edukasi, pembuatan Reading Corner TPA, lomba anak-anak, persembahan dongeng, Tablig Akbar, dan pelatihan handy craft (membuat bros).
  3. Kegiatan Bakti Sosial berupa pembagian sembako dan Barbeku (barang bekas berkualitas), serta melakukan penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan.

Sesuai dengan tema yang diusung pada Kegiatan SWC kali ini yaitu PEDULI DAN BERBAGI, TEMUKAN JATI DIRI tentunya diharapkan sikap empati siswa/i SMPIT Nururrahman kian berkembang sehingga menjadi bekal hidup demi menyongsong masa depan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah