SEKILAS INFO
: - Sunday, 26-09-2021
  • 2 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
  • 2 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
Outdoor Classroom Day (OCD) di SMPIT Nururrahman

Outdoor Classroom Day (OCD) atau Belajar di Luar Kelas adalah hari untuk menginspirasi pembelajaran di luar kelas. OCD merupakan kegiatan hasil kerjasama antara Indonesia dengan Inggris yang disepakati pada saat pertemuan Child in the City Conference pada November 2016 di Belgia, yang dihadiri oleh Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Indonesia merespon Kampanye Global tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Belajar di Luar Kelas pertama kali dilakukan di Indonesia secara serentak pada tanggal 7 September 2017 selama 3 jam (jam 7-10 waktu setempat).

Di tahun 2019 ini, Indonesia kembali berpartisipasi untuk ketiga kalinya dalam kegiatan OCD dengan mengusung tema “Mewujudkan Sekolah Ramah Anak melalui Sehari Belajar di Luar Kelas”. Selain itu, kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada Kamis, 7 November 2019 ini juga dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional.

Begitu juga halnya dengan SMPIT Nururrahman yang mengadakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD). Para siswa diajak beraktivitas di luar kelas, mulai dari berolah raga hingga memainkan permainan tradisional, diantaranya permainan karet, bola bekel, monopoli, dampu, permainan benteng dan beragam permainan lain.

Tujuan dari kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas ini adalah untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan sekaligus membentuk siswa yang sopan, ramah, dan tidak ada kekerasan di sekolah. Artinya, inilah sesungguhnya yang disebut sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) yang sejak beberapa tahun terakhir ini gencar dikampanyekan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 15
  • Total visitors : 28,715

Maps Sekolah