SEKILAS INFO
: - Tuesday, 09-03-2021
  • 3 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
SMPIT Nururrahman Raih Adiwiyata Kota Depok

Menjadi sekolah Adiwiyata adalah harapan setiap sekolah di tanah air. Namun komponen dan standar sebagai Sekolah Adiwiyata terkadang masih belum maksimal dimiliki setiap sekolah. Oleh karena itu perlu disiapkan jauh hari sebelum sampai pada penilaian.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang telah menerapkan sistem dengan maksud untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Program Adiwiyata sendiri telah dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan berlanjut oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah. Pedoman pelaksanaan program Adiwiyata diatur dalam Peraturan Menteri LH Nomor 5 Tahun 2013.

Upaya SMPIT Nururrahman mencanangkan Gerakan SPBLH untuk menciptakan lingkungan sekolah yang asri, nyaman dan indah telah dimulai sejak awal tahun pelajaran 2019-2020 ini. Beberapa upaya dan kegiatan mulai dilakukan, mulai sosialisasi penggunaan alat makan dan minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik, penanaman pohon dan tanaman obat, penataan dan pengelolaan green house, pembuatan lubang biopori, pembuatan kompos, pembuatan hidroponik, hingga pengadaan bank sampah.

Upaya ini membuahkan hasil karena pada Jum’at, 8 November 2019, SMPIT Nururrahman bersama 15 sekolah lain di Depok menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Depok. Penghargaan ini tentunya merupakan buah dari kerja keras seluruh warga sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah seperti yang dicita-citakan.

Namun demikian, sebagaimana diungkapkan Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati, bahwa Adiwiyata bukanlah piala/penghargaan yang menjadi tujuan akhir, tapi merupakan apresiasi bagi warga sekolah agar tetap menjaga budaya cinta lingkungan hidup. Untuk itulah, SMPIT Nururrahman juga terus berbenah untuk menjadi lebih baik lagi, terutama menjadikan cinta lingkungan sebagai budaya yang tak terpisahkan dari kehidupan warga di SMPIT Nururrahman. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 22
  • Total visitors : 25,006

Maps Sekolah