SEKILAS INFO
: - Thursday, 25-02-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember 2020 – 22 Januari 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
Study Tour SMPIT Nururrahman 2020: Goes to Bandung

Hampir seluruh kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah dihabiskan di dalam kelas. Siswa-siswi selalu dihadapkan dengan berbagai macam materi, rumus, dan soal-soal yang tentunya akan menguras kemampuan otak mereka. Tentulah hal itu sangat menjenuhkan bagi sebagian besar dari anak-anak sekolah. Tapi untungnya, ada beberapa sekolah yang mengatasi hal semacam itu dengan menambahkan kegiatan study tour pada kalender akademik mereka.

Study tour merupakan kegiatan yang menyenangkan namun juga bermanfaat. Para siswa bisa menikmati liburan singkat bersama teman-teman sebayanya, dan tidak ketinggalan masih bisa belajar selagi jalan-jalan, yaitu dengan menambah pengetahuan umum dari tempat-tempat yang dikunjungi. Dengan begini, mereka tidak akan gampang bosan namun justru termotivasi untuk bisa terus belajar dan berkembang setiap harinya. Banyak sekali tempat-tempat unik dan menarik di Indonesia, yang patut dikunjungi dan disaksikan sendiri keindahannya, salah satunya Kota Kembang Bandung.

Pada kegiatan Study Tour 2020 ini, SMPIT Nururrahman mengunjungi dua destinasi yang terdapat di Bandung yaitu Great Asia Afrika (GAA) dan Trans Studio Bandung yang dilaksanakan pada Kamis, 23 Januari 2020 lalu.

Great Asia Afrika yang terletak di Lembang, ini sengaja dipilih menjadi tempat destinasi karena konsepnya yang unik. Di tempat wisata ini kita dapat merasakan sensasi layaknya berada di negara-negara Asia dan Afrika. Suasana sesuai negara-negara tersebut didukung oleh pakaian hingga makanan khas yang disediakan. Tidak hanya itu, setiap area juga dilengkapi dengan miniatur bangunan-bangunan asal negara tersebut. Beberapa negera Asia Afrika yang ada di objek wisata ini antara lain Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, Turki, dan beberapa negara Afrika.

Area Thailand berada tepat di dekat miniatur desa Korea Selatan. Untuk menuju ke sana, kita harus menyusuri dua kali jalan menurun. Di jalanan menurun kedua, akan terlihat beberapa dekorasi pintu di sebelah kiri sebelum menemukan area Thailand. Area tersebut tergolong sama kecilnya dengan area Middle East. Selain Thailand dan Middle East, ada pula area Turki. Hanya saja, pada area ini lebih mengedepankan kuliner khas Turki. Area Turki terletak di bantaran sungai buatan.

Tak hanya spot foto dan penyewaan kostum, di setiap area sudah tersedia beberapa toko makanan kecil khas negara yang dikunjungi. Salah satunya adalah area India yang lengkap dengan berbagai macam pilihan jajanan pinggir jalan khas negara tersebut. Beberapa di antaranya adalah sev puri, aloo tikki, dan es kalufi. Kita juga bisa mengunjungi deretan toko makanan yang ada di area Jepang. Toko-toko ini memiliki bangunan khas Jepang. Tidak hanya itu, jalan setapak untuk keluar dari area negara tersebut juga dihiasi beberapa dekorasi ala Jepang. Jadinya, kita serasa benar-benar berada di Jepang sembari memakan takoyaki seharga Rp 30.000. Singkatnya, kita bisa “berkeliling” negara Asia Afrika hanya dalam waktu 2-3 jam saja.

Destinasi kedua yang dikunjungi siswa-siswi SMPIT Nururrahman adalah Trans Studio Bandung (TSB). Trans Studio Bandung dibangun diarea seluas 4.2 hektare yang berada di kawasan Bandung Supermall yang menjadikan TSB menjadi kawasan hiburan terlengkap dan terluas di Bandung. TSB merupakan sebuah indoor theme park terbesar di Indonesia bahkan juga merupakan indoor theme park terbesar di dunia.

Wahana yang ada di Trans Studio Bandung di kelompokan menjadi beberapa kawasan, diantaranya Studio Central dimana di kawasan ini kita akan menemukan wahana-wahana seperti, Yamaha Racing Coaster, Super Heroes 4D The Rides, Broadcast Museum, Dunlop Trans Car Racing, Indosat Galaxy Vertigo, Trans City Theatre, Giant Swing, Sibolang The Rides, Science Center dan Dunia Anak.

Ada juga The Lost City dimana di kawasan ini wahana yang bisa kita nikmati adalah Jelajah, Kong Climb, Sky Pirates dan Amphitheater. Kawasan berikutnya yaitu Magic Corner yang menawarkan wahana- wahana seperti Black Heart’s Pirate, Negeri Raksasa,┬áDragon Raiders,┬áPulau Liliput,┬áSpecial Effect Action Show dan Dunia Lain. Tak hanya wahana permainan, TSB juga dilengkapi dengan cafe dan resto serta toko merchandise.

Meski lumayan penat, mengingat perjalanan yang lumayan penjang serta destinasi yang membutuhkan energi sangat besar, namun kegiatan Study Tour kali ini, benar-benar membawa kesan tersendiri untuk siswa-siswi SMPIT Nururrahman. (*)

1 komentar

Nia Siregar, Monday, 27 Jan 2020

Semoga bermanfaat untuk anak-anak Smpit Nururrahman,terimakasih atas bimbingan luarbiasa dari Bapak dan Ibu guru.

Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 28
  • Total visitors : 24,604

Maps Sekolah