SEKILAS INFO
: - Sunday, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
Tetap Inovatif Meski 'Belajar Dari Rumah'

Belum surutnya pandemi wabah Covid-19 di tanah air, makin menjatuhkan berbagai sektor publik yang berdampak dengan beragam masalah dan krisis, tidak terkecuali sektor pendidikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun akhirnya menerapkan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) atau learning from home di Tahun Pelajaran Baru 2020-2021 yang dimulai sejak 13 Juli. Kebijakan BDR ini ditetapkan untuk wilayah yang masih berada di zona kuning dan merah. Sementara untuk wilayah yang berada di zona hijau, bisa melakukan pembelajaran tatap muka dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

SMPIT Nururrahman yang berada di wilayah Pancoran Mas dan masih masuk zona merah, juga harus mengikuti kebijakan Belajar Dari Rumah ini. Meski demikian, pembelajaran yang dilakukan siswa/i SMPIT Nururrahman bukan sebatas mengejar target aspek kognitif, tapi juga life skill dan pembiasaan-pembiasaan positif lain yang telah menjadi “budaya” di lingkungan SMPIT Nururrahman, seperti ubudiyah pagi dengan shalat dhuha, murajaah Al-Qur’an dan pembacaan dzikir Al-Matsurat.

Dalam praktik pelaksanaan Belajar Dari Rumah, SMPIT Nururrahman menerapkan dua sistem pembelajaran, yaitu sistem daring (online) dan luring (offline) dengan memanfaatkan IT. Pada sistem online, aplikasi yang digunakan yaitu zoom, sementara untuk sistem offline dengan aplikasi E-Learning SMPIT Nururrahman. Pembelajaran dilaksanakan selima lima hari dari Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-11.40, dengan durasi masing-masing mata pelajaran 40 menit, diselingi istirahat 20 menit.

Sebelum memulai pembelajaran, siswa diharuskan untuk tetap melaksanakan ubudiyah pagi seperti halnya kondisi normal yaitu dengan melaksanakanshalat dhuha, murajaah Al-Qur’an dan pembacaan dzikir Al-Matsurat, dibimbing oleh wali kelas masing-masing secara virtual.

Tak hanya pelaksanaan ubudiyah harian yang harus dilaporkan, siswa/i juga harus melaporkan aktivitas mereka di rumah semisal membantu pekerjaan rumah atau menolong orang lain. Ini tentunya merupakan upaya pihak sekolah dalam pembentukan karakter siswa.

Dalam pembelajaran, selain menjelaskan materi secara online, para guru juga menyiapkan materi pembelajaran baik berupa slide powerpoint maupun video pembelajaran yang dapat diakses siswa melalui eleaning SMPIT Nururrahman yang diharapkan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Untuk itu, kreativitas dan inovasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran terus ditingkatkan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 5
  • Total visitors : 28,501

Maps Sekolah