SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
Memaknai Peringatan Tahun Baru Islam di Tengah Pandemi

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H dijalani dengan situasi yang berbeda. Karena adanya pandemi corona, umat Muslim tidak bisa merayakan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pergantian waktu Tahun Baru Islam kali ini harus tetap disambut dengan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

Rasa syukur tersebut bisa membuat umat Muslim lebih banyak bertafakur. Dengan begitu, umat Muslim bisa merenungi perubahan yang ada pada diri sendiri dan berdoa meminta hidayah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, umat Muslim juga bisa bersyukur telah berpegang teguh pada Islam yang membawa ketidaktahuan menjadi tahu dan dari kurang iman menjadi beriman.

Ada fenomena baru yang harus disikapi dengan baik ketika pandemi ini harus diterima ditengah kita. Fenomena itu adalah cara hidup baru yang harus diterima dalam keseharian. Cara hidup dengan kebiasaan baru itu adalah menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Begitu sederhana, tetapi dalam praktik di lapangan betapa sulitnya menerapkan kebiasaan baru tersebut.

Fenomena baru Perayaan Tahun Baru Islam juga dialami oleh SMPIT Nururrahman yang biasanya mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dan lomba keislaman di sekolah, kini harus menyelenggarakannya secara virtual. Meski demikian, kondisi tersebut tak menyurutkan animo dan antusias siswa/i yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pada Kegiatan Tabligh Akbar virtual, masing-masing angkatan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu laki-laki dan perempuan dengan penyampai materi masing-masing. Materi yang disampaikan seluruhnya seputar Hijrah, diantaranya Makna hijrah dalam pandangan Islam, Mengapa kita perlu hijrah, dan hikmah dari hijrah Rasulullah saw. Adapun kegiatan lomba yang dilaksanakan yaitu Do’a harian, Adzan, Pildacil, dan do’a rabithah.

Apa yang dilakukan SMPIT Nururrahman ini merupakan salah satu upaya kecil untuk mengungkapkan rasa syukur atas karunia dan beragam nikmat yang telah Allah anugerahkan meski kita masih berada dalam kepungan pandemi Covid-19. Semoga semakin hari kondisi makin membaik seiring pengendalian pandemi yang memang dimulai dari diri kita sendiri sebagai wujud memahami makna sebuah hijrah. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah