Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
19 Juli 2023

MPLS SMPIT Pesantren Nururrahman TP. 2023-2024

Rab, 19 Juli 2023 Dibaca 223x Berita

Selain menyambut peserta didik, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga menjadi kegiatan pengenalan bagi pelajar mengenai aktivitas, lingkungan, hingga sarana dan prasarana sekolah. MPLS merupakan pengganti untuk istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) yang diterapkan mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Kegiatan MPLS ini memang dikhususkan bagi siswa baru, agar siswa baru dapat mengetahui tentang berbagai macam program kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, tata tertib, budaya sekolah, target sekolah dan berbagai macam hal lainnya. Dengan MPLS ini juga siswa diberikan bekal tentang pentingnya berprestasi di sekolah, karena menjadi siswa berprestasi memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah mendapatkan apresiasi dari sekolah.

Begitu pula dengan pelaksanaan MPLS  di SMPIT Pesantren Nururrahman yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran Baru, 2023-2024, yang dilaksanakan pada 17-18 Juli 2023. Dengan mengangkat tema Wonderful Indonesia, kegiatan MPLS ini diikuti oleh seluruh siswa baru berjumlah 124 yang pelaksanaannya dikoordinir oleh para pengurus OSIS.

Kegiatan MPLS ini diawali dengan penyambutan siswa/i oleh kepala sekolah dan guru SMPIT Pesantren Nururrahman yang kemudian dilanjutkan dengan upacara bendera yang dipimpin inspektur upacara, Direktur Perguruan Unggul Nururrahman, Tengku Rusdi, Ak.MM.

Menurut Lidya Nurmalasari, S.Pd, selaku Pembina OSIS sekaligus penanggung jawab kegiatan MPLS, cukup banyak manfaat yang dapat diperoleh siswa baru dalam kegiatan ini. Selain memperkenalkan lingkungan sekolah lebih baik, kegiatan ini juga bisa menjadikan siswa lebih mengenal program dan kegiatan di sekolah.

“Ada beberapa tema dan materi yang diberikan dalam kegiatan ini, diantaranya mengenal SMPIT Nururrahman, tips dan kiat belajar efektif, membangun sikap disiplin, mengenal kurikulum SMPIT Nururrahman, tata tertib dan kegiatan ubudiyah di SMPIT Nururrahman. Selain itu juga diperkenalkan para pengurus OSIS agar mereka lebih mudah bersosialisasi di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Satu hal yang membedakan MPLS dengan MOS di masa lalu adalah tidak adanya sikap-sikap perpeloncoan dan mengarah pada perundungan (bullying). Ini tentunya hal yang positif mengingat siswa akan banyak memperoleh manfaat seperti halnya diungkapkan di atas. Setidaknya ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh siswa, diantaranya:

1. Bantu siswa baru beradaptasi lingkungan baru

Di lingkungan baru biasanya berbeda dengan lingkungan asal. Apalagi jika Anda merupakan siswa yang bersekolah sambil berasrama atau pesantren. Anda akan merasakan berbagai macam perbedaan dari budaya dan lingkungan.

2. Tumbuhkan perilaku positif

Adapun MPLS juga mampu menumbuhkan perilaku positif dari siswa baru. Seperti menumbuhkan pentingnya nilai nilai kejujuran, kemandirian, larangan menyontek saat ujian, kedisiplinan.

3. Kenali potensi diri

Potensi siswa dapat terlihat dari kompetisi. Untuk MPLS juga beberapa sekolah menyertakan beberapa kompetisi ringan yang bisa diselesaikan oleh siswa yang mampu menyelesaikannya. Ini penting agar setiap siswa yang berani menjawab dan berani salah dan tidak takut akan kesalahan akan diberikan reward baik itu berupa uang jajan atau berupa hadiah lainnya. Selain dapat membuat siswa menjadi senang, cara seperti ini juga merupakan contoh paling mudah bahwa setiap anak yang mampu melampaui batas dirinya akan diapresiasi oleh sekolah.

4. Tingkatkan motivasi siswa

MPLS juga untuk meningkatkan motivasi siswa didik agar mampu bersaing dengan siswa lainnya. Persaingan di sekolah itu sangat penting dan sangat dibutuhkan agar terciptanya motivasi dalam setiap diri siswa agar setiap siswa ingin menunjukan sisi terbaik mereka.

5. Kembangkan interaksi positif antar siswa baru

Dengan ikut MPLS sekolah, maka kegiatan ini bisa untuk mengembangkan interaksi positif antar siswa baru. Karena pada masa ini, siswa akan saling mengenal satu sama lain, meskipun mereka tidak pernah satu sekolah sebelumnya.

6. Dikenalkan dengan organisasi siswa dan guru

Tentu, manfaat MPLS bisa sebagai ajang pengenalan siswa baru dengan organisasi siswa dan guru. Karena 50 persen kegiatan MPLS melibatkan OSIS, namun tetap di bawah mentoring dan monitoring guru dan wali kelas agar tidak ada perpeloncoan dari OSIS terhadap siswa baru.

Jadi, tentunya merupakan hal positif dengan adanya kegiatan MPLS ini. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 7
Users Today : 18
Users Yesterday : 51
Total Users : 17267
Views Today : 26
Views This Month : 1637
Total views : 30033

Contact info