Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
28 Juli 2023

Demo Ekskul SMPIT Nururrahman Pesonakan Siswa

Jum, 28 Juli 2023 Dibaca 469x Berita

Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah adalah kegiatan siswa yang dilakukan di luar jam wajib pelajaran siswa yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan, wawasan serta mengembangkan minat dan bakat siswa dengan cara yang menyenangkan. Karena sifatnya sebagai kegiatan tambahan, maka perlu untuk dipastikan agar siswa tidak melupakan kewajibannya di sekolah sehingga kita juga perlu untuk memastikan agar siswa tidak terlalu lelah atau berlebihan sehingga mengganggu kegiatan belajar wajib mereka.

Untuk itu, Jumat, 28 Juli 2023 SMPIT Pesantren Nururrahman menyelenggarakan kegiatan demonstrasi ekstrakurikuler yang diikuti oleh seluruh siswa. Ada sekitar 20 ekskul yang melakukan parade dan demo menampilkan kreasi mereka masing-masing. Beberapa ekskul menyajikan penampilan yang mempesona sehingga berhasil membuat siswa terkagum-kagum, diantaranya Tari Saman, Karate, Taekwondo, Tapak Suci, Paduan Suara dan beberapa ekskul lainnya.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala SMPIT Pesantren Nururrahman, Ahmad Basyari, M.Pd.I ini bukan hanya diikuti oleh ekskul internal, tapi juga ekskul lain yang bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu Robotik dan Memanah. Menurut Ahmad Basyari, pihak sekolah senantiasa mendukung penuh semua ekskul yang dapat mengembangkan potensi siswa.

“Prinsipnya semua kegiatan termasuk ekskul sepanjang untuk kepentingan pengembangan diri dan bakat serta potensi siswa, sekolah pasti mendukung dan memfasilisitasi. Yang terpenting, kegiatan tersebut tidak kontra produktif dengan visi misi sekolah,” ungkapnya.

Berdasarkan penjelasan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, kegiatan ekstrakurikuler memang memiliki tujuan diantaranya:

  1. Dapat meningkatkan serta memperluas pengetahuan siswa
  2. Membantu siswa mengenali hubungan antara berbagai mata pelajaran sekolah
  3. Media untuk menyalurkan bakat dan minat siswa
  4. Salah satu langkah upaya untuk pembangunan manusia secara utuh
  5. Mengembangkan minat dan bakat siswa untuk pembinaan ke arah yang positif

Senada dengan penjelasan diatas, Faisal, S.Pd, selaku Penanggung Jawab kegiatan ekskul, mengatakan bahwa demo ekskul ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat siswa agar mereka bisa menentukan kegiatan ekskul yang akan mereka ikuti.

“Kegiatan demo ini sekaligus untuk menarik minat siswa agar mereka bisa menentukan pilihan untuk mengikuti kegiatan ekskul selama menempuh pendidikan di SMPIT Pesantren Nururrahman,” jelasnya.

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, maka tentunya siswa diharapkan dapat menyalurkan minat dan bakat mereka yang mungkin tidak akan muncul atau tersalurkan dalam kegiatan belajar mengajar tetapi sangat bermanfaat untuk siswa tersebut. Namun yang perlu menjadi catatan adalah memastikan bahwa siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan keinginan mereka, bukan keinginan orang tua. Orang tua wali hanya bersifat memberikan pengertian dan saran sesuai bakat dan potensi anak, bukan memaksakan kehendak. (*)

 

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 8 8 4 5
Users Today : 31
Users Yesterday : 49
Total Users : 18845
Views Today : 37
Views This Month : 1863
Total views : 32649

Contact info