Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
28 Juli 2023

SMPIT Nururrahman Kampanyekan Makan Sehat

Jum, 28 Juli 2023 Dibaca 420x Berita

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengusung kampanye Sekolah Sehat. Program yang diluncurkan pada Agustus 2022 ini membawa misi utama mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter. Kampanye ini mengusung tiga fokus utama. Yakni, sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi. Sehat bergizi bertujuan untuk meningkatkan kesehatan peserta didik dengan menerapan pola makan yang tepat serta mengonsumsi makanan bergizi.

Sehat fisik menargetkan kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem atau siswa di berbagai tingkat pendidikan berada di level optimal. Sementara sehat imunisasi, bertujuan agar seluruh peserta didik memperoleh imunisasi dasar lengkap untuk menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan kampanye tersebut, Kemendikbudristek telah menerbitkan Surat Edaran Kampanye Sekolah Sehat bernomor 4447/C/HK.04.01/2023. Menindaklanjuti hal tersebut, SMPIT Pesantren Nururrahman mengadakan Kampanye Sehat Bergizi dengan menyelenggarakan kegiatan makan bersama yang bernutrisi gizi tinggi dan menyehatkan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at, 28 Juli 2023 ini diikuti oleh seluruh siswa dengan membaginya menjadi dua lokasi. Untuk siswa, dipusatkan di selasar masjid sementara para siswi ditempatkan di basement Aula Perguruan Nururrahman. Dalam kesempatan tersebut, seluruh siswa membawa bekal makanan yang sudah dipersiapkan dari rumah masing-masing dengan menu bernutrisi dan bergizi.

Sehat bergizi yang merupakan salah satu bagian dari Kampanye Sekolah Sehat (KSS), sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dengan UKS, karena pada dasarnya, KSS merupakan salah satu upaya untuk mendorong satuan pendidikan dalam meningkatkan optimalisasi pelaksanaan UKS. Tujuan Kampanye Sekolah Sehat ini adalah agar seluruh ekosistem satuan pendidikan, yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat dapat menerapkan dan membudayakan SekolahSehat dengan fokus pada tiga hal berikut yaitu:

  1. Sehat Bergizi, yaitu meningkatnya derajat kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi.
  2. Sehat Fisik, yaitu meningkatnya kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem dan warga satuan pendidikan.
  3. Sehat Imunisasi, yaitu meningkatnya capaian imunisasi peserta didik dan memastikan peserta didik mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap.

Dengan adanya kegiatan yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan melalui kampanye yang dilakukan, tentunya SMPIT Pesantren Nururrahman berharap dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kualitas hidup seluruh warga sekolah. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info