Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
7 Agustus 2023

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia

Sen, 7 Agustus 2023 Dibaca 3466x Pendidikan

Hallo teman.. Assalamu’alaikum

Tahukah kalian? ternyata Bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi kebutuhan yang penting banget buat kita para pelajar. Kenapa?

Hal ini disebabkan bahasa Indonesia adalah bahasa yang mendominasi kehidupan sehari-hari kita masyarakat Indonesia. Coba kita ingat-ingat, Bahasa Indonesia selalu muncul dalam teks-teks setiap pelajaran yang kita baca, bukan hanya di pelajaran Bahasa Indonesia lho…

Selain itu bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang kita gunakan dalam berkomunikasi, baik di kelas, di luar kelas, saat presentasi, saat bertanya, saat guru menjelaskan, saat kita menjawab dan lainnya.

Coba kita simak,  guru pelajaran matematika akan menjelaskan sejelas-jelasnya baik rumus atau cara-cara menjawab soal matematika dengan menggunakan bahasa Indonesia. Guru matematika menulis angka di papan tulis sambil menjelaskan rumus (penyebab angka itu muncul) Kalau kita telat menyimak kita akan kehilangan kejelasan kata yang terucap oleh guru, sehingga kita tidak mengerti dari mana munculnya sebuah angka tersebut. Apalagi kalau kita tidak mengerti kata yang diucapkan guru tersebut, pastilah kesulitan yang akan kita alami dalam memahami menjadi semakin parah. Begitupun untuk pelajaran yang lainnya, tanpa kita sadari setiap guru akan berusaha menjelaskan setiap materi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika kita mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, kita akan mampu memahami lebih cepat dibandingkan dengan orang yang tidak memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kebutuhan berbahasa Indonesia ini semakin hari akan semakin kita sadari pentingnya, misalkan:

  1. Untuk menulis teks ilmiah maupun fiksi. Menulis teks ilmiah maupun fiksi membutuhkan kemampuan berbahasa secara baik dan benar. Sebab menulis adalah bentuk aplikatif pembelajaran berbahsa. Ketika minim kemampuan berbahasa, maka tulisan kita tidak akan menarik, menimbulkan salah paham dan salah penulisan.
  2. Untuk menyimak sebuah penjelasan. Dalam berkomunikasi selain berbicara kita harus pandai menyimak. Menyimak memrlukan kerja otak untuk memahami setiap kata yang diucapkan seseorang. Jika kita tidak memiliki kemampuan berbahasa yang baik maka kita akan kesulitan menyimak.
  3. Untuk berbicara. Kemampuan berbahasa yang baik dan benar akan memabntu kita dalam berbicara. Karena setiap kata yang terucapkan sudah terpikirkan secara cepat dan dapat menimbulkan pemahaman yang tepat.
  4. Untuk membaca. Teks-teks yang terdapat di buku, di koran, di media sosial atau di mana pun memiliki variasi bahasa yang kadang-kadang tidak kita mengerti maknanya. Untuk itu sangatlah penting mempelajari bahasa yang baik dan benar agar kita semakin mudah membaca dan memahami sebuah teks.

Namun sayangnya, fakta yang seirng ditemukan adalah bahasa Indonesia sering disepelekan karena dianggap mudah. Padahal kita pun sering gagal paham membaca teks bentuk cerita, peraturan, mendengar ujaran. Dan masih banyak lagi  kesalah pahaman disebabkan ketidakmampuan kita memahami bahasa. Sehingga menimbulkan masalah kecil maupun besar.

oh iya.. jangan sampe lupa, kita juga sering kesulitan menuangkan pikiran kita melalui kata-kata, baik tertulis atau terucap. Lantas bagaimana seharusnya?

Tunggu jawabannya di blog berikutnya ya teman…

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info