Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
13 Agustus 2023

SMPIT Pesantren Nururrahman Sumbang Buku Untuk Gerakan Sejuta Buku Depok

Ming, 13 Agustus 2023 Dibaca 381x Berita

Depok kembali punya hajatan besar di bulan Agustus ini dengan diselenggarakannya Festival Buku Depok 2023 yang digelar di Ballroom Jakarta Global University (JGU), Grand Depok City, Kecamatan Sukmajaya. Kegiatan yang berlangsung pada 11-20 Agustus 2023 ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Pembukaan Festival tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, didampingi Bunda Literasi Kota Depok, Elly Farida dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri. Usai membuka festival tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan bahwa membaca dapat meningkatkan konsentrasi hingga kemampuan untuk menulis berdasarkan penelitian. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berharap Festival Buku Depok 2023 dapat memancing minat baca anak-anak di Kota Depok.

“Ini festival buku yang bisa dibilang pertama di Kota Depok, karena kecemasan dari sebagian pelaku-pelaku literasi Kota Depok terhadap kecenderungan anak-anak, makanya kita sangat memikirkan anak-anak jangan sampai tidak gemar membaca,” tuturnya.

Tak hanya sebatas pada menambah ilmu pengetahuan, lanjut Kiai Idris, sapaan Wali Kota Depok, manfaat membaca buku juga sangat baik untuk mendukung fungsi otak. “Di barat, membaca itu mempola otak kita kepada hal-hal yang mencerdaskan,” ujarnya.

Senada dengan ucapan Walikota Depok, Ketua Pelaksana Festival Buku Depok 2023, Irwan Nurwanto juga menegaskan kegiatan tesebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca warga Kota Depok.

Sebanyak ribuan buku dari puluhan penerbit dipamerkan dalam festival yang bertajuk Sejuta Buku untuk Depok. Bukan hanya Bazar Buku, masyarakat juga diajak untuk berpartisipasi dengan menyumbang buku terbaiknya, yang nantinya akan didistribusikan ke taman baca yang berada di taman-taman bacaan kelurahan se-Kota Depok.

“Buku yang terkumpul nantinya akan disumbangkan ke taman baca di Kota Depok dengan tema 1 juta buku untuk Kota Depok,” ujar Irwan.Merespons hal tersebut, SMPIT Pesantren Nururrahman yang juga concern mengembangkan kegiatan literasi di sekolah dengan beragam programnya, turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan menyumbangkan tiga buah buku hasil karya siswa/i SMPIT Pesantren Nururrahman diantaranya buku dengan judul Besties Forever, Lucid Dream dan Ukhti Bar-bar. Penyerahan buku tersebut langsung diserahkan perwakilan siswa kepada panitia pada Sabtu, 12 Agustus 2023 lalu.

Selain pameran ribuan buku, festival ini turut menghadirkan beragam kegiatan yang menarik untuk diikuti. Diantaranya lomba tari kreasi nusantara, workshop mendongeng komik, parade nasyid, futsal coaching, pasar seni lukis, lomba marawis, pensi, dan lomba mewarnai.

Jadi, mari isi liburan akhir pekan dengan mengunjungi kegiatan yang akan membuat kita makin cerdas sekaligus mewujudkan visi Kota Depok sebagai Kota Literasi. (*)

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info