Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
23 Juni 2024

Ratusan Karateka “Serbu” SMPIT Nururrahman

Ming, 23 Juni 2024 Dibaca 67x Berita

Minggu, 23 Juni 2024 lalu SMPIT Pesantren Nururrahman “diserbu” oleh 182 karateka yang berasal dari Depok dan Bogor, untuk mengikuti Ujian Kyu dan Gashuku yang dilaksanakan oleh Institusi Karate-Do Indonesia (Inkai) Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan tersebut, menjadi kali kedua bagi SMPIT Pesantren Nururrahman menjadi tuan rumah.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala SMPIT Pesantren Nururrahman, H. Achmad Faozan, Lc, MM ini menjadi ajang ujian bagi para karateka untuk meningkatkan kapasitasnya. Dalam kesempatan tersebut H. Achmad Faozan menyampaikan pesannnya kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh menjalani ujian, sebab hakikatnya ujian kenaikan tingkat ini akan mengantarkan karateka untuk menjadi lebih baik lagi. Ujian Kyu dan Gatsuku kali ini diikuti oleh 126 peserta Gashuku dan 56 peserta Ujian Kyu.

Gashuku sendiri dalam bahasa Jepang berarti belajar dan menginap. Melalui gashuku ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan sifat kejujuran (Gi), keberanian (Yuu) dan sopan santun (Rei), sehingga kemudian akan lahir para karateka yang positif (Seishin) dan memiliki semangat tinggi (Seiki). Gashuku amat lazim diadakan di Jepang sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar, entah di sekolah atau perguruan tinggi. Tujuannya adalah agar sebuah kegiatan, apakah itu dalam bentuk seminar, bimbingan, atau yang lain dapat dilaksanakan dengan lebih terfokus, konsen, dengan waktu yang lebih panjang. Selain itu, untuk menjalin keakraban di antara para peserta.

Sabuk (Kyu) dalam dunia bela diri karate merupakan tingkatan yang harus dilalui seorang karateka. Ketika masih menjadi siswa ada 6 warna atau tingkat yang harus dilalui. Nah setelah lulus tingkatannya, naik ke Dan atau sabuk hitam dengan 10 tingkatan yang harus dilalui.

Tingkatan Sabuk dalam Karate ini diantaranya :

1. Sabuk Putih berarti baru belajar teknik karate diartikan sebagai permulaan yang masih bersih dan suci atau berada pada tingkat paling bawah setidaknya harus latihan selama 3 bulan.

2. Sabuk Kuning. Kyu akan mempelajari berbagai teknik dan prinsip dasar karate setidaknya latihan selama 6 bulan.

3. Sabuk Orange dianggap seorang Kyu telah cukup memahami prinsip dan teknik dasar bela diri karate dan juga sudah mengetahui bagaimana cara menjaga jarak saat bertemu lawan setidaknya latihan selama 6 bulan.

4. Sabuk Hijau disamping diajarkan penggunaan teknik dan keterampilan dasar juga harus bisa mengaplikasikan atau mempraktekkan semua teknik dasar yang sudah dipelajari untuk melindungi diri setidaknya latihan selama 9 bulan.

5. Sabuk Biru pada tingkat ini Kyu sudah mampu menunjukkan kemampuannya dalam mengendalikan teknik, membalas serangan dan emosi yang baik setidaknya latihan selama 12 bulan.

6. Sabuk Cokelat jika sudah lulus tingkat ini tidak lagi dianggap murid tetapi sudah dianggap ahli atau Dan minimal berlatih selama 18 Bulan.

7. Sabuk Hitam adalah tingkat paling tinggi dalam karate.

Selain itu, masih ada 10 tingkat lagi yang harus dilewati. Tingkat paling pertama (Shodan), pada tingkat 9 (Kyudan) dan 10 (Judan) karateka akan diberikan gelar kehormatan Master yang menyatakan keahlian yang sempurna. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 2 0 7 5 6
Users Today : 128
Users Yesterday : 180
Total Users : 20756
Views Today : 175
Views This Month : 2215
Total views : 35903

Contact info