Info Sekolah
Rabu, 17 Jul 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
27 Juni 2024

Wisuda Siswa SMPIT Nururrahman Angkatan 18: Souldivers Guncang Bogor

Kam, 27 Juni 2024 Dibaca 133x Berita

Ada pertemuan ada juga perpisahan. Setelah 3 tahun belajar dan menuntut ilmu di SMPIT Pesantren Nururrahman, tiba saatnya seluruh peserta didik kelas IX diserahkan kembali kepada orang tua untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Wisuda dan Perpisahan peserta didik kelas IX tersebut dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 26-27 Juni 2024 bertempat di Resort 5 G Caringin, Cijeruk Kabupaten Bogor.

Berbeda dengan kegiatan Wisuda dan Perpisahan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di seputaran Kota Depok, di tahun ini acara Wisuda dan Perpisahan kelas IX Angkatan 18 yang menamakan angkatan mereka dengan nama Souldivers ini, dilaksanakan di luar kota dan bermalam di lokasi penginapan. Kemasan yang berbeda tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan tersebut, dimana pada malam hari sebelum acara formal wisuda, para peserta didik menampilkan beragam kreasi dan kreativitas mereka dalam bidang seni yang dikemas dalam kegiatan Malam Kebersamaan. Acara yang dimulai sejak pukul 20.00 tersebut. masing-masing perwakilan kelas menampilkan aksi mereka. Kelas 9A misalnya, menyajikan modern dance yang kemudian dilanjut oleh penampilan Kelas 9C dengan Musikalisasi Puisi-nya yang tak kalah memukau. Drama musikal bertema Putri Salju kemudian diperankan dengan apik oleh kolaborasi siswi kelas 9A dan 9B yang kemudian dilanjut dengan pembacaan puisi dari kelas 9D. Penampilan tak kalah menarik disajikan siswi kelas 9B dengan pentas drama. Kegiatan malam keakraban ini ditutup dengan penampilan memukau dari gabungan siswa kelas 9C dan 9D yang menyajikan musik perkusi.

Esok harinya, kegiatan formal Wisuda dan Pelepasan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan, orang tua/wali siswa, ketua Yayasan Bina Ummat Sejahtera Semesta (YBUSS), para undangan, serta siswa-siswi kelas IX yang berjumlah 98 siswa.

Ahmad Subekti, M.Ag, selaku Ketua Panitia Wisuda mengucapkan selamat kepada para siswa kelas 9 karena sebentar lagi akan menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan tentunya berharap dapat diterima di sekolah terbaik dan sesuai dengan harapan dan cita-cita mereka.

Sedang Ahmad Basyari, M.Pd.I, Kepala SMPIT Pesantren Nururrahman dalam sambutannya menyampaikan pentingnya para siswa untuk tetap semangat belajar. Tak lupa beliau juga menguraikan beragam prestasi baik akademik maupun non akademik yang telah diraih para siswa. Sementara itu, Ketua Yayasan Bina Ummat Sejahtera Semesta (YBUSS), Prof.Dr Tjip Ismail, SH, MM, MBA, menyoroti pentingnya akhlak yang harus dijunjung tinggi oleh para siswa. Beliau menceritakan betapa alumni dari “kakak” Nururrahman yaitu Al-Bayan, meskipun banyak yang sukses namun tetap tidak meninggalkan karakter positif yang telah dibangun sejak di bangku SMA.

“Prestasi akademik tentunya penting. Tapi juga jangan sampai melupakan pendidikan karakter di manapun kalian berada. Kalau karakter anak itu bagus, insya Allah nanti prestasi akademik maupun non akademik juga bagus. Karena dari karakter anak itu kan nanti bisa mempengaruhi kedisiplinan, agamanya, dan juga tanggung jawab kemandirian,” tegasnya.

 

Hal lain yang juga berbeda pada wisuda kali ini adalah adanya paper presentation dalam bahasa Inggris yang disampaikan oleh Syafa Nada Kamila. Siswi kelas 9A ini menyampaikan presentasinya tentang Rohingya: Accepted or Rejected dengan pemaparan yang cukup bernas dan argumentatif. Dalam kesempatan acara Wisuda dan Perpisahan ini, sekolah juga memberikan apresiasi kepada siswa dan siswi yang telah menggoreskan prestasi selama mereka menempuh pendidikan di SMPIT Pesantren Nururrahman, yaitu:

  1. Siswa Teladan diraih oleh Abiyyu Rahman (9D)
  2. Siswi Teladan diraih Naurah Falihah (9B)
  3. Tahfizh Terbaik Putra diraih Fathan Nusa Nugraha (9D)
  4. Tahfidz terbaik Putri diraih Luira Aisya Baynafrah (9 A)
  5. Best Paper Presentasion diberikan kepada Syafa Nada Kamila (9A)
  6. Siswa dengan prestasi terbaik adalah :
  • 🎯Alika Hanifah (9A)
  • 🎯Namira Hanin Rosyidah (9A)
  • 🎯Reyhana Kamila (9A)

Acara Wisuda dan Perpisahan yang berakhir pada pukul 11.00 itu ditutup dengan isak haru dan air mata yang mengembang dari seluruh yang hadir saat menyaksikan penampilan persembahan musikalisasi puisi dari perwakilan seluruh kelas, terutama ketika mereka menyayikan lagu Ibu karya Iwan Fals dan lagu Ayah Ibu dari Karnamereka.

Selamat atas kelulusan Siswa/i Angkatan 18 SMPIT Pesantren Nururrahman, Souldivers Generation. Semoga dijenjang pendidikan yang lebih tinggi, Angkatan ke-18 ini meraih kesuksesannya di masa mendatang, aamiin ya rabbal ‘alamin. (*)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 2 0 7 6 7
Users Today : 139
Users Yesterday : 180
Total Users : 20767
Views Today : 189
Views This Month : 2229
Total views : 35917

Contact info