SEKILAS INFO
: - Friday, 18-06-2021
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPIT Pesantren Nururrahman Tahun Pelajaran 2021-2022 GELOMBANG 2 : 1 April – 30 Juni 2021. Info lebih lengkap klik ppdd.smpitnururrahman.sch.id
Karate

Sesuai dengan namanya Karate merupakan olahraga bela diri dari negara Jepang. Nama karate dituliskan dalam huruf kanji sebagai 空 手 道. Kanji ini ada dua suku kata, yaitu Kara dan Te. Kara memiliki arti kosong, sedangkan Te memiliki arti tangan. Jadi dengan kata lain Karate disebut sebagai olah raga bela diri dengan tangan kosong.

Sebelum bernama Karate, olahraga bela diri dari Jepan ini dinamakan Tote. Tote dalam kanji Jepang diartikan sebagai “tangan Cina”. Akan tetapi, nama dari olahraga ini bertentangan dengan para pejuang nasionalisme Jepang. Mengapa olahraga bela diri dari Jepang, dinamakan “tangan Cina?” Sehingga diputuskanlah untuk menggantinya menjadi nama Karate.

Olahraga karate di Indonesia tidak dipopulerkan oleh tentara Jepang, melainkan oleh orang Indonesia sendiri. Seperti diketahui, setelah bebas dari masa penjajahan banyak bangsa Indonesia yang kembali dari Jepang. Beberapa dari mereka juga menempuh pendidikan di Jepang sebagai mahasiswa. Para mahasiswa ini pun kemudian kembali ke Jakarta sekitar tahun 1960-an.

Di SMPIT Nururrahman, karate termasuk ekskul yang cukup banyak menorehkan prestasi dan menghasilkan karateka handal.

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 2
  • Total visitors : 26,500

Maps Sekolah