SEKILAS INFO
: - Sunday, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
  • 1 bulan yang lalu / Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021-2022 dilaksanakan pada 26-30 Juli 2021
Silat (Tapak Suci)

Pencak silat merupakan perpaduan antara dua hal, yakni pencak dan silat. Pencak adalah metode berlatih untuk pertahanan diri. Pencak merupakan gabungan dari kemampuan mengontrol gerakan tubuh untuk pertahanan diri. Sedangkan silat adalah cara melakukan gerakan pertahanan diri yang sesungguhnya. Silat adalah pertarungan. Tidak ada silat tanpa pencak, demikian juga sebaliknya. Pencak tanpa silat hanyalah kembang kosong belaka.

Tujuan utama pencak silat adalah pertahanan diri. Lain itu tidak terlalu penting. Tidak ada tradisi dalam pencak silat untuk menjadikannya sebagai bentuk olahraga atau latihan fisik. Dasar-dasar pencak silat selalu berkait dengan penggunaan senjata. Gerakan-gerakan pencak silat ketika dilakukan dengan tangan kosong harus sama dan seluwes ketika senjata digunakan.

Secara tradisional pencak silat adalah seni untuk menghindari segala hal yang mencelakai. Karakteristik menghadapi serangan adalah gerakan yang ringan, cepat, dan terperkirakan. Gerakannya dibuat untuk menghindari benturan yang mematahkan tulang. Biasanya gerakan itu tidak bersifat melawan kekuatan penyerang, melainkan cenderung menyesuaikan dengan arah serangan dan membawanya ke dalam situasi melumpuhkan.

Di SMPIT Nururrahman, aliran silat yang dikenalkan adalah Tapak Suci. Meski demikian, beberapa atlit pencak silat yang dimiliki SMPIT Nururrahman berasal dari aliran lain. Selain karate, pencak silat juga merupakan ekskul yang cukup banyak menorehkan prestasi hingga tingkat propinsi.

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 5
  • Total visitors : 28,501

Maps Sekolah