Info Sekolah
Selasa, 21 Mei 2024
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
  • Team IT NR Masih bekerja Keras Terus berinovasi untuk menunjang Proses belajar mengajar di SMPIT Nururrahman, Nantikan Segera Launching Perpustakaan Digital .....
16 Agustus 2023

Tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia

Rab, 16 Agustus 2023 Dibaca 712x Pendidikan

Hallo teman-teman.. Assalamu’alaikum. Semoga kita sehat terus ya…

Masih ingat dong dengan tulisan sebelumnya tentang pentingnya belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kalau belum baca ini linknya ya: https://smpitnururrahman.sch.id/2023/08/07/pentingnya-belajar-bahasa-indonesia/

Nah, kali ini admin ingin berbagi tips bagaimana kita mampu meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Agar ke depannya kita bisa meminamlisasikan kesalahpahaman kita, memaksimalkan potensi berbahasa secara baik dan benar, baik dengan lisan maupun tulisan.

Berikut ini beberapa tipsnya… teman-teman

  1. Niat

Mingkin kita sudah bosan dengan ujaran “semua tergantung niat” hehee.. tapi, faktanya memang niat yang tepat dalam melakukan sesuatu akan menuntun kita mencapai tujuan dengan cepat. Belajar Bahasa Indonesia baiknya diniatkan untuk memakainya dalam kehidupan sehari-hari, demi mengurangi kegagalan dalam memahami teks maupun ucapan.

  1. Perbanyak Membaca

Hampir rata-rata orang yang sering salah paham adalah orang yang tidak hobi membaca. Hal itu karena membaca dapat mengaktifkan pikiran kita. Orang yang rajin membaca pasti rajin berpikir. Dan untuk memulai menyukai membaca ada 2 cara nih menerut penulis:

a.  Dipaksa

Kita upayakan membaca buku setiap hari minimal 5 lembar. Meskipun ngantuk dan menjemukan tetap kita                 paksakan.

b.  Menemukan keseruan membaca

Kita dapat membaca beberapa buku sampai kita menemukan buku yang menarik dan dapat kita baca sampai               tuntas.

  1. Memaksimalkan belajar Bahasa Indonesia di kelas

Sebagai siswa, tentu kita sekolah harus bertujuan untuk belajar. Bukan untuk tujuan yang lain ya teman-teman…

Nah belajar di kelas merupakan kesempatan yang sangat berharga yang patut kita maksimalkan. Dengan memaksimalkan belajar di kelas kita dapat mengonfirmasi pemahaman tentang Bahasa Indonesia yang pernah kita pelajari di sebelumnya.

 

 

  1. Download KBBI Offline di Gawai

Bahasa adalah lautan kata-kata yang belum kita salami sepenuhnya, itulah mengapa masih saja banyak diksi/kata yang tak kunjung kita pahami maknanya. Untuk membantu memahami kata, kita dapat mencari maknanya di kamus. Teman-teman tahu tidak? ternyata kita dapat memiliki kamus besar Bahasa Indonesia di gawai kita lho…baik dari playstore ataupun Appstore.

 

 

  1. Praktik

Praktik berbahasa artinya praktik komunikasi baik secara lisan maupun tulisan

  1. Kita harus berusaha berbicara dengan menggunakan Bahasa yang baik dan benar sesuai apa yang telah kita pelajari. Sebelum berucap kita harus berpikir dengan cepat  dan memilih kata yang akan kita ucapkan. Contoh sederhananya adalah kita mau menggunakan kata “kita” dan “kami” sesuai dengan yang seharusnya.
  2. Dengan tulisan kita memiliki tahapan praktik yang juga penting untuk proses berpikir. Sebab, menulis artinya menyusun kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf hingga wacana utuh. Tulisan adalah sebuah wajah dari pikiran penulisnya. Jadi, untuk menampilkan pikiran kita perlu membuat tulisan yang mudah dipahami setiap pembacanya.

 

Kira-kira lima poin itulah tips dari admin, semoga dengan menerapkan ke lima tips itu kita dapat memperbaiki kualitas berbahasa kita ya teman-teman….

Selamat mencoba…

Semangat

 

Sampai bertemu di tulisan berikutnya ya… Assalamualaikum Wr. Wb

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Our Visitor

0 1 7 2 6 9
Users Today : 20
Users Yesterday : 51
Total Users : 17269
Views Today : 28
Views This Month : 1639
Total views : 30035

Contact info